IZHAR JUNINHO, . (2021) PENGEMBANGAN MODEL MATERI AJAR KITABAH BERBASIS SCAMPER TERINTEGRASI DENGAN KETERAMPILAN ABAD 21 (Penelitian Pengembangan di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB 1.pdf Download (386kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) | Request a copy |
|
Text
COVER .pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf Download (258kB) |
|
Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Peneliti bertujuan untuk merancang model mengajar bahasa Arab kreatif sebagai langkah awal dalam mengembangkan model untuk subjek pembelajaran Kitabah 1. Penulisan kreatif ini didasarkan pada metode SCAMPER yang merupakan singkatan dari (Mengganti, menggabungkan, mengadaptasi, memodifikasi, menggunakan untuk fungsi lain, menghilangkan dan mengembalikan). Model Ini dapat diterapkan pada pelajar di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Strategi ini merupakan alat untuk merangsang ide dan menggairahkan peserta didik dalam meningkatkan keterampilan menulis kreatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan pada ADDIE, peneliti mengidentifikasi empat langkah metode addie yaitu (1) analisis kebutuhan (Analisis), analisis kebutuhan siswa pada model Kitabah 1 Berbasis SCAMPER berintergasi dengan keterampilan abad ke-21, (2) Analisis bahan ajar yang digunakan (3) desain dan pengembangan, desain dan pengembangan, peneliti merancang model untuk materi ajar Kitabah 1 Berbasis SCAMPER berintergasi dengan keterampilan abad ke-21 dan (4) Proses evaluasi para ahli di atasnya. Analisis kebutuhan 40 siswa mendapatkan skor 3,48 (dari statement 1-4), sehingga sangat membutuhkan. Keterampilan menulis adalah keterampilan yang membutuhkan ide-ide baru dan metode ini memungkinkan pelajar bahasa Arab untuk berpikir kreatif dan mengembangkan ide-ide baru dari ide-ide yang ada untuk membuat tulisan asli dari pelajar. Hal ini sejalan dengan pendekatan baru abad ke-21 tentang arahan pemerintah untuk membuat keterampilan berpikir kreatif duduk di tingkat tinggi dan dilengkapi dengan empat keterampilan hidup, SCAMPER mampu memenuhi tantangan dengan membantu pelajar kreatif dalam menulis. Dari penilaian para ahli tentang bentuk mata pelajaran Kitabah 1, hasilnya adalah 4,22 (dari pernyataan 1-5) yaitu sangat baik dan dapat digunakan. Researcher aim to design a model of teaching creative Arabic as a first step in developing models for the learning subject Kitabah 1. This creative writing is based on the SCAMPER method which stands for (Replacing, combining, adapting, modifying, using for other functions, eliminating and restoring). This model can be applied to students in the Arabic Language Education Study Program. This strategy is a tool to stimulate ideas and excite learners in improving creative writing skills. The method used in this research is the development research method on ADDIE, researchers identified four steps of addie method namely (1) needs analysis (Analysis), analysis of student needs on Kitabah 1 SCAMPER-based model interjecting with 21 st century skills, (2) Analysis of teaching materials used (3) design and development, design and development, researchers designed models for teaching materials Kitabah 1 Based SCAMPER interjected with the skills of the 21 st century and (4) The evaluation process of experts on it. Analysis of the needs of 40 students got a score of 3.48 (from statements 1-4), so it is in desperate need. Writing skills are skills that require new ideas and this method allows Arabic learners to think creatively and develop new ideas from existing ideas to create original writing from learners. This is in line with the new 21 st century approach to government direction to make creative thinking skills sit at a high level and equipped with four life skills, SCAMPER is able to meet challenges by assisting creative learners in writing. From the assessment of experts on the form of kitabah 1 subjects, the result is 4.22 (from statements 1-5) which is very good and usable.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Samsi Setiadi, M.Pd 2) Andri Ilham, S.S, MA.Hum |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 8910 not found. |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 15:17 |
Last Modified: | 23 Feb 2021 10:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12988 |
Actions (login required)
View Item |