METODE TALAQQI DALAM KEGIATAN MENGHAFAL AL-QUR’AN ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Kualitatif di Kuttab Al-Fatih Ceger Jakarta Timur)

KURNIAWATI, . (2015) METODE TALAQQI DALAM KEGIATAN MENGHAFAL AL-QUR’AN ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Kualitatif di Kuttab Al-Fatih Ceger Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (202kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (51kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (276kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (94kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan metode talaqqi dalam kegiatan menghafal Al-Qur‟an anak usia 5-6 tahun di Kuttab Al-Fatih Ceger Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Proses Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Menggunakan analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pemeriksaan data yang dilakukan meliputi perpanjangan penelitian, meningkatkan ketekunan, triangulasi data dan member check. Temuan hasil penelitian menunjukkan metode talaqqi dalam kegiatan menghafal Al-Qur‟an anak usia 5-6 tahun di Kuttab Al-Fatih Metode talaqqi dalam menghafal Al-Qur‟an terdapat dua cara yaitu; pertama menghafal dengan cara mendengarkan ayat Al-Qur‟an secara berulang-ulang langsung dari guru Qur‟an. Kedua dengan melakukan setoran hafalan secara individu dengan guru Qur‟an. Dalam metode talaqqi terdapat adab-adab bertalaqqi yaitu; meniatkan hati dalam menghafal Al-Qur‟an, selalu dalam keadaan berwudhu, duduk rapi saat menghafal, saat menghafal Al-Qur‟an arah pandangan menuju pada guru Qur‟an, kelas Qur‟an selalu ditutup dengan membaca doa penutup majelis. Proses mengolah hafalan Qur‟an yaitu pertama perhatian anak saat menghafal berlangsung selama 20 menit, kedua memori atau ingatan anak saat menghafal Al-Qur‟an, informasi berupa hafalan ayat Al-Qur‟an dimasukkan kedalam ingatan melalui indera pendengaran dengan cara memperdengarkan ayat Al-Qur‟an secara berulang-ulang. Untuk menjaga ingatan tentang ayat Al-Qur‟an dilakukan dengan cara muraja‟ah setiap hari. Ketiga proses berpikir tentang hafalan Al- Qur‟an yaitu kemampuan anak dalam menghubungkan arti dari ayat Al- Qur‟an yang dihafalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sri Martini M, M.Pd ; 2). Dra. Iva Sarifah, M.Pd
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Alquran dan Kumpulan Karya Islam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 08 Nov 2019 12:15
Last Modified: 08 Nov 2019 12:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1307

Actions (login required)

View Item View Item