PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN KANTONG TERHADAP PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB KELAS XI DI SEKOLAH MUHAMMADIYAH 12 JAKARTA

FITRI HANIFI ZAKIATI, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN KANTONG TERHADAP PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB KELAS XI DI SEKOLAH MUHAMMADIYAH 12 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (816kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (436kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB) | Request a copy
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5.pdf

Download (318kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (468kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fitri Hanifi Zakiati, Pengembangan Media Papan Kantong Terhadap Pembelajaran Mufrodat bahasa Arab untuk Kelas XI di SMA Muhammadiyah 12 Jakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. 2021 Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran papan kantong terhadap pembelajaran kosakata (mufrodat) bahasa Arab untuk kelas XI di SMA Muhammadiyah 12 Jakarta. Hasil pengembangan ini terdiri dari 5 materi yang berbentuk Power Point dan dirancang seperti bentuk papan kantong yang bisa digunakan untuk belajar mufrodat dengan cara yang lebih menarik. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode pengembangan yang didasarkan pada model Reiser dan Melinda dengan Model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluate). Hasil penelitian melalui lima tahap dari lima tahap dalam pengembangan media pembelajaran menggunakan Papan Kantong: 1) Analisis (Analyze), analisis kebutuhan terhadap siswa dalam belajar yang didapat dengan angket analisis kebutuhan terdapat 20 murid dan hasil dari angket itu manyatakan bahwa kebutuhan Pengembangan Media Pembelajran Papan Kantong Terhadap Pembelajaran Mufrodat Bahasa Aran adalah 66% menjawab iya 33% menjawab tidak dan 1% untuk nama-nama media yang mereka butuhkan, 2) Desain (Design), membuat desain dari produk yang akan dikembangkan dengan memasukan kosakata, latihan dan menambahkan gambar yang sesuai yang diperoleh dari beberapa buku dan internet, 3) Pengembangan (Development), Proses penilaian rancangan produk yang dilakukan dengan memberi penilaian rancangan produk yang dilakukan dengan memberi penilaian. Penilaian produk diberik an dengan oleh ahli media (Ustadz Ihwan Rahman Bahtiar, M.Pd) dan ahli materi ( Bapak Riki Rudiansyah), 4) Uji Coba (Implemet), Media yang sudah siap diuji cobakan dengan pertemuan daring via Google Meet dan Zoom, 5) Evaluasi (Evaluate), evaluasi dari penelitian ini menggunakan angket untuk membuktikan bahwa media ini layak untuk digunakan atau tidak. Fitri Hanifi Zakiati, The Development of Pocket Board Learning Media for Learning Arabic Vocabulary for class XI at Muhammadiyah 12 High School Jakarta. Undergraduate Thesis. Arabic Language Education Study Program, Faculty of Language and Art, Jakarta State University. 2021 This study aims to develop learning media pocket board for learning Arabic vocabulary for class XI at Muhammadiyah 12 Jakarta High School. The results of this development consists of 5 materials in the form of Power Points and it is designed like a pocket board that can be used to learn vocabulary in more interesting way. The method used in this paper is a development method based on the Reiser and Melinda models with ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation) model. The researcher's results went through five stages of five stages in developing the teaching method using the portfolio board: 1) Analysis, analysis of students' learning needs obtained by means of a needs analysis questionnaire, there were 20 students. The results of the questionnaire indicated that there is a need to develop a means of informing the Council. The product to be developed by including vocabulary, exercises and adding pictures obtained from several books and the Internet, 3) Development, the process of evaluating the product design which is done by giving an evaluation of the product design that is carried out through an evaluation. Product evaluations are conducted by media experts (Mr. Ihwan Rahman Bahtiar, M.Pd, and materials experts, Mr. Ricky Rudiansyah, 4) Pilot, test-ready method through online meetings via (Google Meet and Zoom), 5) evaluation and evaluation of this study Using a questionnaire to prove whether or not this method work.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Ramdhoni, M.Pd 2. Ahmad Marzuq, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 9339 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2021 01:44
Last Modified: 24 Feb 2021 01:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13183

Actions (login required)

View Item View Item