PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA ISLAMIC VILLAGE

FEBI YUANDINI, . (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP BERPIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA ISLAMIC VILLAGE. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (870kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (484kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran E-Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Berpikir Kreatif Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Islamic Village pada siswa kelas XI IPS. Desain yang digunakan adalah Treatmen by level 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Islamic Village pada tahun ajaran 2020/2021. penarikan sampel secara Systematic sampling dari dua kelas yang IPS di SMA Islamic Village tahun ajaran 2020/2021, untuk memperoleh satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Dengan jumlah keseluruhan siswa kelas XI IPS di SMA Islamic Village sebesar 48 siswa, yang terdiri dari siswa kelas XI IPS 1 sebanyak 24 siswa, XI IPS 2 sebanyak 24 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data dilakukan melalui angket Hasil analisis data untuk uji hipotesis menunjukkan bahwa 1) Kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan aplikasi Zoom lebih tinggi dari kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan aplikasi Edmodo 2) Kemampuan berpikir kreatif dengan motivasi belajar tinggi siswa yang menggunakan aplikasi Zoom lebih tinggi dari siswa yang menggunakan aplikasi Edmodo 3) Kemampuan berpikir kreatif dengan motivasi belajar rendah siswa yang menggunakan aplikasi Zoom lebih tinggi dari siswa yang menggunakan aplikasi Edmodo 4) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran E-Learning dengan motivasi belajar siswa terhadap berpikir kreatif The purpose of this study was to determine the effect of E-Learning Learning Models and Learning Motivation on Creative Thinking in History Subjects at Islamic Village Senior High School in class XI IPS students. The design used is Treatmen by level 2x2. The population in this study were all students of class XI IPS at Islamic Village Senior High School in the 2020/2021 school year. Systematic sampling of samples from two social studies classes at Islamic Village High School 2020/2021 academic year, to obtain one class as the control class and one class as the experimental class. With a total of 48 students of class XI IPS at Islamic Village Senior High School, consisting of 24 students of class XI IPS 1, XI IPS 2 of 24 students. This research uses descriptive quantitative method with data collection carried out through a questionnaire The results of data analysis for hypothesis testing show that 1) The creative thinking ability of students who use the Zoom application is higher than the creative thinking abilities of students who use the Edmodo application 2) The ability to think creatively with high learning motivation is higher than students who use the Zoom application Edmodo 3) The ability to think creatively with low learning motivation students who use the Zoom application is higher than students who use the Edmodo application 4) There is an influence of the interaction between E-Learning learning models and student learning motivation on creative thinking

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Sarkadi, M.Si ; 2). Dr. Nurzengky Ibrahim, M.M
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 9384 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2021 04:59
Last Modified: 25 Feb 2021 04:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13216

Actions (login required)

View Item View Item