HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS DI SMPN 3 TAMBUN SELATAN

FATHYA SOFI PRAJASTI, . (2021) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS DI SMPN 3 TAMBUN SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (539kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Fathya Sofi Prajasti. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar IPS. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2021. Prestasi belajar IPS yang rendah terjadi pada SMPN 3 Tambun Selatan pada kelas VIII untuk meraih prestasi belajar yang tinggi diperlukan kecerdasan intelektual yang juga tinggi. Namun, menurut hasil penelitian membuktikan bahwa kecerdasan intelektual bukan satu-satunya faktor dalam prestasi belajar tetapi juga ada faktor lain, salah satunya kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar IPS di SMPN 3 Tambun Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional dengan teknik pengambilan sampel yang diperoleh sebanyak 194 siswa dari keseluruhan populasi 373 siswa. Sampel diambil dari kelas VIII.1 sampai dengan VIII.10. Pengujian hipotesis dengan regresi dalam penelitian menunjukan bahwa regresi berarti dan berbentuk garis lurus dengan koefisien regresi bernilai positif. Perhitungan koefisien korelasi menyatakan bahwa kecerdasan emosional mempunyai hubungan positif yang berarti dan signifikan dengan prestasi belajar IPS dengan hasil perhitungan rxy > rtabel (0,482 > 0,138). Pada koefisien determinasi menunjukan bahwa kecerdasan emosional mampu mempengaruhi prestasi belajar IPS. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar IPS. Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar IPS. Fathya Sofi Prajasti. Relationship Between Emotional Intelligence and Social Studies Learning Achievement. Thesis. Jakarta: Social Sciences Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University, 2021. Low social studies learning achievement occurs at SMPN 3 Tambun Selatan in class VIII to achieve high learning achievement requires high intellectual intelligence. However, according to the research results prove that intellectual intelligence is not the only factor in learning achievement but there are also other factors, one of which is emotional intelligence. This study aims to determine the relationship between emotional intelligence and social studies learning achievement at SMPN 03 Tambun Selatan. The method used in this research is correlational quantitative method with the sampling technique obtained by 194 students from a total population of 373 students. Samples were taken from class VIII.1 to VIII.10. Hypothesis testing with regression in the study shows that the regression means and is in a straight line with a positive regression coefficient. The calculation of the correlation coefficient states that emotional intelligence has a significant and significant positive relationship with social studies learning achievement with the results of the calculation of rxy> rtable (0.482> 0.138). The coefficient of determination shows that emotional intelligence can affect social studies learning achievement. The results of this study conclude that there is a relationship between emotional intelligence and social studies learning achievement. Keyword: Emotional Intelligence, Social Studies Learning Achievement

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Dian Alfia Purwandari, SE, M.Si 2) Martini, SH, MH
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 9535 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2021 07:16
Last Modified: 01 Mar 2021 07:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13469

Actions (login required)

View Item View Item