MUHAMMAD ARIF RAHMAWAN, . (2021) IMPLEMENTASI METODE AL HUSNA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH TAHSIN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDIT AL KAHFI CIRACAS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (561kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (411kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) | Request a copy |
Abstract
Muhammad Arif Rahmawan, Implementasi Metode Al Husna Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Tahsin Al Qur’an Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sdit Al Kahfi Ciracas, Jakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi metode Al Husna pada pembelajaraan tahsin di SDIT Al Kahfi Ciracas selama Pembelajaran Jarak Jauh. Tujuan tersebut dapat diturunkan menjadi beberapa tujuan antara lain; mendeskripsikan persiapan pembelajaran jarak jauh tahsin Alquran menggunakan metode Al Husna, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh tahsin Alquran menggunakan metode Al Husna, mendeskripsikan evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran jarak jauh tahsin dengan menggunakan metode Al Husna, mendeskripsikan penggunaan media dalam pembelajaran jarak jauh tahsin dengan menggunakan metode Al Husna. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yang dilaksanakan dari bulan Oktober hingga bulan November tahun 2020, yang bertempat di SDIT Al Kahfi Ciracas, Jakarta Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara ke SDIT Al Kahfi Ciracas, Jakarta Timur. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti, pembelajaran jarak jauh tahsin Alquran dengan menggunakan metode Al Husna di SDIT Al Kahfi, diimplementasikan dengan cukup baik. Hal tersebut dilihat dari tahapan yang pada pembelajaran jarak jauh tahsin dengan menggunakan metode Al Husna. Mulai dari persiapan dan perencanan yang cukup matang dengan adanya administrasi perencanaan pembelajaran, persiapan dari segi kapasitas sumber daya pendidik, juga persiapan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran jarak jauh, hanya saja pada bagian rancangan perencanaan pembelajran tidak lengkap. Kemudian dapat dilihat juga dari pelaksanaan pembelajaran jarak jauh tahsin dengan menggunakan metode Al Husna sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang telah dibuat sebelum dilaksanakannya pembelajaran. Selanjutnya dapat dilihat juga dari evaluasi pembelajaran yang diadakan dalam pembelajaran jarak jauh tahsin dengan menggunakan metode Al Husna. Kata kunci: Implementasi, Metode Al Husna, Pembelajaran Jarak Jauh ---------------- Muhammad Arif Rahmawan, Implementation of the Al Husna Method in Distance Learning Tahsin Al Qur'an during the Covid-19 Pandemic at Sdit Al Kahfi Ciracas, Jakarta: Islamic Religious Education Study Program, Faculty of Social Sciences, State University of Jakarta, 2021. This study aims to describe and analyze the implementation of the Al Husna method in learning tahsin at SDIT Al Kahfi Ciracas during distance learning. These goals can be reduced to several goals, among others; describe the preparation for distance learning tahsin Al-Quran using the Al Husna method, describe the implementation of distance learning tahsin Al-Quran using the Al Husna method, describe the evaluation of learning in distance learning tahsin using the Al Husna method, describe the use of media in distance learning tahsin using the Al method Husna. This research used a descriptive analysis method using a qualitative approach, which was carried out from October to November 2020, which took place at SDIT Al Kahfi Ciracas, East Jakarta. Data collection techniques used were observation and interviews at SDIT Al Kahfi Ciracas, East Jakarta. Based on the results of observations and interviews conducted by researchers, distance learning Al-Quran tahsin using the Al Husna method at SDIT Al Kahfi, is implemented quite well. This can be seen from the stages in distance learning tahsin using the Al Husna method. Starting from the preparation and planning that is sufficiently mature with the administration of learning planning, preparation in terms of the capacity of teacher resources, as well as preparation of facilities and infrastructure to support distance learning, it's just that the lesson planning design section is incomplete. Then it can also be seen from the implementation of tahsin distance learning using the Al Husna method in accordance with the learning plan that was made before the implementation of learning. Furthermore, it can also be seen from the evaluation of learning held in distance learning tahsin using the Al Husna method. Keywords: Implementation, Al Husna Method, Distance Learning
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1. Muslihin Amali, MA ; 2. Khairil Ikhsan Siregar, MA. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam) |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 9118 not found. |
Date Deposited: | 04 Mar 2021 02:01 |
Last Modified: | 04 Mar 2021 02:01 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13496 |
Actions (login required)
View Item |