PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI POWTOON UNTUK SISWA KELAS VII MTSN 31 JAKARTA TIMUR

SAFINAH CHAIRUNNISAA, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI POWTOON UNTUK SISWA KELAS VII MTSN 31 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Safinah Chairunnisaa, Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Membaca melalui Powtoon untuk Siswa Kelas VII MTSN 31 Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. 2021 Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengembangan media pembelajaran keterampilan membaca melalui Powtoon pada siswa kelas VII MTSN 31 Jakarta Timur. Hasil pengembangan ini terdiri dari dua materi yang berbentuk video dan dirancang dengan animasi untuk membuat video pembelajaran lebih hidup dan menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan dengan Model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, and Evaluate) Hasil penelitian melalui tiga tahap dari lima tahap dalam pengembangan media pembelajaran menggunakan Powtoon: 1) Analisis (Analyze), Analisis kebutuhan siswa kelas VII SMP Negeri 31 Jakarta Timur terhadap video animasi Powtoon., 2) Desain (Design), membuat desain dari produk yang akan dikembangkan dengan memasukkan teks qiroah, latihan dan menambahkan gambar yang sesuai, 3) Pengembangan (Development), Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Membaca melalui Powtoon untuk Siswa Kelas VII MTSN 31 Jakarta Timur, rancangan produk yang dilakukan dengan memberi penilaian. Penilaian produk dilakukan oleh ahli materi (Dr. Siti Jubaidah, M.A.) dan ahli media (Ihwan Rahman Bahtiar, M.Pd). Berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada ahli materi diperoleh rerata persentase skor 83,5% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, dan ahli media diperoleh rerata persentase 86,5% yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. Dengan demikian, maka media pembelajaran keterampilan membaca menggunakan Powtoon cocok digunakan siswa sebagai media pembelajaran. Safinah Chairunnisaa, The Development of Learning Media for Reading Skills through the Powtoon for seven grade students of MTSN 31, East Jakarta. Undergraduate Thesis. Arabic Language Education Study Program, Faculty of Language and Art, Jakarta State University. 2021 This study aimed to obtain the development of learning media based on Powtoon for Reading Skill for seven grade students of MTSN 31, East Jakarta. The results of this development consist of two materials in the form of video are designed with animation to make learning videos more lively and interesting. The method used in this research is development method with ADDIE Model (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). He results of the study went through three steps from five steps in the development of learning media using the Powtoon: 1) Needs analysis of students of the seven grade students MTSN 31, East Jakarta, 2) Design, make the design of the product to be developed. Entering reading text, questions and adding appropriate images, 3) Development, The Development of Learning Media for Reading Skills through the Powtoon for seven grade students of MTSN 31, East Jakarta. design is done by giving an assessment. Product assessment was carried out by material experts (Dr. Siti Jubaidah, M.A.) and media experts (Ihwan Rahman Bahtiar, M.Pd). Based on the results of the questionnaire given to the material experts, the mean percentage score was 83.5% which was included in the Very Appropriate category, and the media experts obtained an average percentage of 86.5% which was included in the Very Appropriate category. Thus, the learning media for reading skills using Powtoon is suitable for students as a learning media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Raden Ahmad Barnabas, M. Pd 2) Dr. Fatwa Arifah, M.A Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 9334 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2021 04:34
Last Modified: 06 Jul 2022 01:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13581

Actions (login required)

View Item View Item