PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA KULIAH PRAKTIK TARI DASAR BETAWI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

DESI HERIYANI AYU PERTIWI, . (2021) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KARAKTERISTIK PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA KULIAH PRAKTIK TARI DASAR BETAWI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.PDF

Download (534kB)
[img] Text
BAB 2.PDF
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.PDF
Restricted to Registered users only

Download (808kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.PDF
Restricted to Registered users only

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.PDF

Download (525kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (452kB)
[img] Text
LAMPIRAN.PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Desi Heriyani Ayu Pertiwi. 2021. Persepsi Mahasiswa Terhadap Karakteristik Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mata Kuliah Praktik Tari Betawi Universitas Negeri Jakarta. Skripsi. Pendidikan Tari. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya persepsi mahasiswa terhadap karakteristik pembelajaran jarak jauh pada mata kuliah praktik tari Betawi Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survey deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling, dengan jumlah penelitian sebanyak 50 mahasiswa Program Studi Pendidikan Tari angkatan 2020 yang diambil secara acak. Teknik pengambilan data instrumen penelitian menggunakan google formulir unjuk mengetahui adanya persepsi mahasiswa terhadap karakteristik pembelajaran jarak jauh menggunakan indikator-indikator dari karakteristik pembelajaran jarak jauh sebagai aspek yang dinilai. Analisa data yang digunakan untuk menguji keterkaitan antar indikator adalah analisis korelasi Pearson. Hasil yang diperoleh terhadap penelitian menunjukan diketahui adanya persepsi atau pemahaman tentang karakteristik pembelajaran jarak jauh pada mahasiswa mata kuliah praktik tari Betawi Universitas Negeri Jakarta. Pada uji normalitas berdasarkan analisis uji Kolmogorov-Smirnov hasilnya menunjukkan bahwa Asymp Sig (2-tailed) dari nilai residual 50 mahasiswa signifikansi data sebesar 0.562 yang berarti lebih besar dari α = 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan hasil analisis uji Kolmogorov-Smirnov menunjukan bahwa nilai signifikan, variabel penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji koefisien determinasi antara indikator-indikator karakteristik pembelajaran jarak jauh diketahui bahwa nilai koefisien determinasi terdapat pada nilai R sebesar 99,6%. Dalam hal ini indikator Kemandirian, Interaktivitas,Aksesibilitas dan Pengayaan memiliki nilai sebesar 96% yang berarti memiliki tingkat korelasi yang sangat kuat. 4% sisanya merupakan faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa mata kuliah tari Betawi Prodi Pendidikan Tari Universitas Negeri Jakarta memiliki persepsi tinggi terhadap karakteristik pembelajaran jarak jauh. Adanya penelitian tentang persepsi terhadap karakteristik pembelajaran jarak jauh ini dapat membantu para mahasiswa untuk lebih mengetahui dan memahami karakteristik pembelajaran jarak jauh sebelum memulai pembelajaran tersebut, agar dapat memaksimalkan kemampuan dan sikap diri pada proses pembelajaran yang akan berlangsung. Kata Kunci: Persepsi mahasiswa, Karakteristik Pembelajaran Jarak Jauh. Desi Heriyani Ayu Pertiwi. 2021. Students' Perceptions of Distance Learning Characteristics in the Betawi Dance Practice Course, State University of Jakarta. Essay. Dance Education. Faculty of Languages and Arts. The State University of Jakarta. This study aims to determine the students' perceptions of the characteristics of distance learning in the Betawi dance practice subject, Jakarta State University. This research is descriptive survey research. The sampling technique was used a Simple Random Sampling, with a total number of studies of 50 students of the 2020 Dance Education Study Program who were taken randomly. The research instrument data collection technique uses google show form to find out the student's perception of the characteristics of distance learning using indicators of the characteristics of distance learning as an assessed aspect. Analysis of the data used to test the relationship between indicators is the Pearson correlation analysis. The results obtained from the research showed that there was a known perception or understanding of the characteristics of distance learning in students of the Betawi dance practice subject at the State University of Jakarta. In the normality test based on the Kolmogorov-Smirnov test analysis, the results show that the Asymp Sig (2-tailed) of the 50 students' residual value has a data significance of 0.562 which means it is greater than α = 0.05, so it can be concluded that the results of the Kolmogorov-Smirnow test analysis show that significant value, research variables are normally distributed. Based on the test of the coefficient of determination between the indicators of the characteristics of distance learning, it is known that the coefficient of determination is an R-value of 99.6%. In this case, the indicators of Independence, Interactivity, Accessibility, and Enrichment have a value of 96% which means they have a very strong level of correlation. The remaining 4% is another factor not discussed in this study. Thus, it can be concluded that students of the Betawi dance subject in the Dance Education Study Program of the State University of Jakarta have a high perception of the characteristics of distance learning. The existence of research on perceptions of the characteristics of distance learning can help students to better know and understand the characteristics of distance learning before starting the learning, to maximize their abilities and attitudes in the learning process that will take place. Keywords: Perception of students, Characteristics of Distance Learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) DR. Dinny Devi Triana, M.Pd. 2.) Tuteng Suwandi, S.Kar., M.Pd.
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: Users 9037 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2021 04:05
Last Modified: 04 Mar 2021 04:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13682

Actions (login required)

View Item View Item