PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF PAKUTA (Paku Kota) BERORIENTASI PADA PENGETAHUAN KEANEKARAGAMAN PAKU PERKOTAAN

HANAN NURROHMAN, . (2021) PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF PAKUTA (Paku Kota) BERORIENTASI PADA PENGETAHUAN KEANEKARAGAMAN PAKU PERKOTAAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (133kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

HANAN NURROHMAN. Pengembangan Video Interaktif Pakuta (Paku Kota) Berorientasi Pada Pengetahuan Keanekaragaman Paku Perkotaan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Februari 2021. Media Pembelajaran adalah salah satu komponen yang penting dalam proses pembelajaran dan penggunaannya yang tepat akan mempengaruhi pemahaman peserta didik terhadap materi tertentu dalam pembelajaran. Materi keanekaragaman tumbuhan paku merupakan materi yang cukup sulit karena tidak sedikit penggunaan bahasa latin didalamnya. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menciptakan media video interaktif Pakuta yang berorientasi pada pengetahuan keanekaragaman tumbuhan paku kota yang bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut. Metode yang digunakan pada penenlitian dan pengembangan ini adalah Borg and Gall, serta dibatasi pada tahap ke enam (Main Field Test). Penelitian ini di mulai pada bulan Maret-November 2020. Video interaktif Pakuta mendapatkan nilai dari hasil validasi aspek materi sebesar 4 (validasi baik), aspek bahasa sebesar 4,18 (validasi baik), dan aspek media sebesar 4,18 (validasi baik). Media juga diuji coba oleh kelompok kecil dan guru biologi SMAN 3 Setiabudi, Jakarta. Hasil penilaian validasi dari guru sebesar 4,6 (validasi sangat baik) dan peserta didik 4,16 (validasi baik). Video interaktif Pakuta yang dikembangkan layak untuk dijadikan media pembelajaran materi keanekaragaman tumbuhan paku kota yang berorientasi pada pengetahuan peserta didik. Kata Kunci Video Pembelajaran Biologi, Camtasia, Keanekaragaman, Pteridofita, Borg and Gall. HANAN NURROHMAN. Development of Pakuta (Paku Kota) Interactive Video Oriented On Urban Fern Diversity Knowledge. Undergraduate Thesis, Biology Education, Faculty Of Mathematic and Natural Sciences, State University Of Jakarta. February 2021. Learning media is one of the important components in the learning process and its proper use will affect learners' understanding of certain materials in learning. Material diversity of fern plants is a material that is quite difficult because of the scientific name is used in it. This research and development aim to create interactive video media Pakuta oriented to the knowledge of city fern diversity that aims to overcome the problem. The methods used in this research and development are Borg and Gall and are limited to the sixth stage (Main Field Test). This research was started in March-November 2020. Pakuta's interactive video gets a value from the validation of material aspects of 4 (good validation), language aspect of 4.18 (good validation), and media aspect of 4.18 (good validation). The media was also tested by a small group and biology teacher of SMAN 3 Setiabudi, Jakarta. The result of the validation assessment from the teachers is 4.6 (excellent validation) and the students 4.16 (good validation). The development of Pakuta interactive video is worthy to be a learning medium of city fern diversity material oriented to the knowledge of learners. Keywords. Biology Learning Video, Camtasia, Diversity, Pteridophytes, Borg and Gall.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Rizhal Hendi Ristanto, M.Pd. ; 2). Agung Sedayu, S.Si., M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 9748 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2021 10:07
Last Modified: 03 Mar 2021 10:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13909

Actions (login required)

View Item View Item