PENGEMBANGAN BUKU AJAR CETAK "INOVASI PUSAT SUMBER BELAJAR" UNTUK MAHASISWA PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

NUR ADINDA PITRI, . (2021) PENGEMBANGAN BUKU AJAR CETAK "INOVASI PUSAT SUMBER BELAJAR" UNTUK MAHASISWA PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini menghasilkan sebuah media cetak berupa Buku Ajar Cetak Inovasi Pusat Sumber Belajar. Buku ajar cetak dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar di Prodi Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Secara umum penelitian pengembangan ini mempunyai tujuan menghasilkan buku ajar cetak untuk mempermudah dan menambah sumber belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan yang mengikuti mata kuliah Pusat Sumber Belajar. Pengembangan buku ajar cetak ini mengacu pada model pengembangan produk yaitu Model Rowntree. Model ini membagi tahapan pengembangan dalam tiga tahapan, tahap perencanaan, tahapan persiapan penulisan, dan tahap penulisan dan penyuntingan. Langkah-langkah tersebut dilakukan untuk mengembangkan produk yang sesuai untuk pembelajaran. Penelitian ini menggunakan evaluasi formatif dengan melibatkan 1 ahli materi dan 1 ahli media. Hasil ujicoba yang didapat secara keseluruhan baik dengan nilai rata-rata 3.50 dari 4. Data dari one-to-one mendapatkan nilai rata-rata 3.46 dari 4. Sedangkan data dari small group mendapatkan nilai rata-rata 3.27 dari 4, artinya buku ajar cetak dapat dinilai sangat baik. Berdasarkan proses dan prosedur dalam mengembangkan buku ajar cetak, serta ujicoba yang telah dilakukan dapat dinyatakan bahwa buku ajar cetak Inovasi Pusat Sumber Belajar memiliki kualitas yang baik dan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar. The development research aims to produce products such as “print instructional materials” Learning Resource Center Innovation textbook. This textbook can be used as a learning resource. In general, this development research has the aim of producing textbook to simplify and increase the learning resources of Educational Technology Students who take the Learning Resource Center course. Developers use the model product development presented by Rowntree. This model have 3 steps, planning, preparation of writing, writing and editing. Evaluation on this development it using formative evaluation involving three experts that 1 matter experts and 1 media experts. The results, from the data of their test is very well with the average value 3.50 of the scale 4. The data obtained from the one-to-one result get the average value 3.46 of the scale 4 and the average value of small group is 3.27 of 4. Which means this textbook is very appropriate. Based on process and procedures in developing textbook, as well as the trial that has been carried out can be expressed that the textbook of the Learning Resource Center Innovation has good quality and are feasible to be used as a learning resource.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eveline Siregar, M.Pd ; 2). Retno Widyaningrum, S. Sos., MM
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 9762 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2021 04:56
Last Modified: 05 Mar 2021 04:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13910

Actions (login required)

View Item View Item