PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR WARNA UNTUK PESERTA DIDIK HAMBATAN PENDENGARAN

DINA WILMA PUSPITA, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PINTAR WARNA UNTUK PESERTA DIDIK HAMBATAN PENDENGARAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (613kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (494kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media Papan Pintar Warna dalam pembelajaran mengenal warna peserta didik hambatan pendengaran. Warna yang digunakan dalam penelitian ini adalah warna primer (merah, kuning dan biru). Dari data hasil analisis masalah dapat disimpulkan bahwa dibutuhkannya media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pengenalan warna di kelas I SLB-B Tunas Kasih 2 Bogor. Media ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap Analyze, Design, Development, Impelementation, dan Evaluation. Validasi dilakukan oleh tiga ahli, yaitu ahli media, ahli materi dan ahli hambatan pendengaran dengan perolehan rata-rata skor 68,26% dari 100% atau berkategori baik, namun media ini tidak diuji cobakan kepada peserta didik karena pademi COVID-19. Dari nilai rata-rata yang didapatkan dapat ditarik kesimpulan bahwa media Papan Pintar Warna ini dinyatakan layak dan dapat digunakan pada peserta didik hambatan pendengaran dalam pembelajaran materi mengenal warna This research and development is intended to produce Papan Pintar Warna media of recogniting colors instruction for deaf student. The colors which use in this research is primary color(red, yellow and blue). From the result of data analysis, can be concluded that instructional media is needed that can improve recognize colors ability in first grade SLB-B Tunas Kasih 2 Bogor.This media uses Researchand Development (RnD) method according to ADDIE’s model development that comprise process: Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation. The validation is conducted by three experts, they are expert of media, expert of material, and expertof deaf. The overall validation results is satisfied with score 68,26% of 100%. However, this media is not tested to student grade first in SLB-B Tunas Kasih 2 Bogor because of COVID-19’s pandemic. From the acquisition of average score, can be concludedthat Papan Pintar Warna is appropriate and can be used for deaf student in recogniting colors material

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Irah Kasirah, M.Pd ; 2). Dra. Etty Hasmayati, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 9707 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2021 07:03
Last Modified: 08 Mar 2021 07:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14115

Actions (login required)

View Item View Item