STRATEGI PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS UNTUK PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS X DI SMALB PANGUDI LUHUR (Studi Kualitatif Deskriptif)

MEI RISTANTI, . (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS UNTUK PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS X DI SMALB PANGUDI LUHUR (Studi Kualitatif Deskriptif). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (504kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendalami strategi pembelajaran desain grafis untuk peserta didik tunarungu di SMALB Pangudi Luhur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan data sekunder melalui wawancara dan dokumentasi dengan analisis data Miles dan Huberman dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sekolah menggunakan kurikulum 2013 yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik. Strategi yang digunakan dalam pembelajaran desain grafis yaitu strategi penyampaian dan strategi Contextual Teaching Learning (CTL). Metode yang digunakan adalah metode demonstrasi, metode tanya jawab, metode penugasan dan metode drill. Metode komunikasi yang digunakan guru adalah Metode Maternal Reflektif dengan pendekatan komunikasi oral aural. Materi yang diajarkan berkaitan hal-hal yang konkret berupa membuat produk kemasan, kartu nama, dan logo. Proses pembelajaran desain grafis terdiri dari 3 tahapan yaitu kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Diharapkan pembelajaran desain grafis untuk peserta didik tunarungu ini mampu mengembangkan kemampuan yang dimiliki masing-masing peserta didik khususnya dibidang grafis. This research aims to see and explore graphic design learning strategies for class X deaf students at SMALB Pangudi Luhur. This research used a qualitative approach with descriptive methods. The data was collected with secondary data through interviews, and documentation with data analysis by Miles and Huberman with three routes, namely data reduction, data presentation, and conclusions.The results showed that the school used modification 2013 curriculum based on the students’ needs and abilities,The strategies used in this research are delivery strategies and contextual teaching learning (CTL) strategies.The methods used is demonstration, question and answer, assignment and drill method. The communication method used by teacher is Maternal Reflective Method with an oral aural communication approach. MMR is a method of teaching language through natural conversation using the mother language.The materials used is related to concrete matters in the form of manufacture of packaging products, business cards, and logos.The graphic design learning process consists of 3 stages, namely opening activities, core activities, and closing activities. Learning graphic design for deaf students is expected to develop the abilities of each student, especially in the graphic field.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Murni Winarsih, M.Pd 2). Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 9704 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2021 07:48
Last Modified: 09 Mar 2021 07:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14135

Actions (login required)

View Item View Item