DIVA NURIZZA, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERBASIS PODCAST SISWA KELAS X SMA/SMK (Penelitian pada Mahasiswa Semester IX Tahun Akademik 2020/2021 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Download (692kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (579kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Diva Nurizza, 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Berbasis Podcast Siswa Kelas X SMA/SMK, Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menulis teks eksposisi berbasis podcast. Fokus penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran menulis teks eksposisi berbasis podcsat siswa kelas X SMA/SMK. Penggunaan media pembelajaran berbasis podcast ini bertujuan untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan media pembelajaran berbasis podcast ini menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan, yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Media pembelajaran yang dihasilkan berupa rekaman audio yang dapat didengarkan melalui aplikasi spotify. Media pembelajaran yang dihasilkan bernama “Podcast Sederhana (Sederet deskripsi hangat dan terpercaya)” berisi pembahasa-pembahasan yang sedang hangat diperbincangkan khususnya mengenai siswa dan pendidikan. Uji coba dilaksanakan terhadap 20 siswa SMKN 40 Jakarta secara daring. Media pembelajaran berbasis podcast ini telah melalui validasi oleh ahli materi, ahli media dan praktisi pembelajaran (guru) menggunakan perhitungan CVR (Content Validity Ratio) dengan penilaian 0,92 dan termasuk kriteria valid sesuai rujukan (lebih besar dari 0,62). Hasil penilaian akhir oleh siswa diperoleh rata-rata interval sebesar 3,18 dan simpangan baku sebesar 0,49 termasuk kriteria baik melalui penilaian dengan rentang skor 1-4. Media pembelajaran berbasis podcast dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk pembelajaran menulis teks eksposisi. Keterbatasan media pembelajaran berbasis podcast ini adalah diperlukannya media pembelajaran lain untuk menunjang materi pembelajaran yang disampaikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis podcast ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dan sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru. Kata Kunci: Menulis Teks Eksposisi, Media Pembelajaran, Podcast ABSTRACT Diva Nurizza, 2021. Development of Learning Media for Writing Exposition Text Based on Podcasts for Tenth Grader of SMA/SMK, Thesis. Indonesian Language Study Program, Faculty of Language and Arts, Jakarta State University.. This study aims to develop instructional media for writing podcast based exposition texts. The focus of this research is the development of learning media for writing exposition text based on podcsat for for Tenth Grader of SMA/SMK. The use of podcast-based learning media aims to help students achieve their learning goals well. The research method used is Research and Development (R&D). This podcast-based learning media development model uses the ADDIE model which consists of five stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The resulting learning media is in the form of audio recordings that can be heard through the Spotify application. The resulting learning media is called "Sederhana Podcasts (A series of warm and reliable descriptions)" which contain discussions that are currently being discussed, especially about students and education. The trial was carried out on 20 students of SMKN 40 Jakarta online. This podcast-based learning media has been validated by material experts, media experts and learning practitioners (teachers) using the CVR (Content Validity Ratio) calculation with an assessment of 0.92 and includes valid criteria according to reference (greater than 0.62). The results of the final assessment by students obtained an average interval of 3.18 and a standard deviation of 0.49 including good criteria through assessment with a score range of 1-4. Podcast-based learning media can be used as a learning medium for learning to write exposition text. The limitation of this podcast-based learning media is the need for other learning media to support the learning material delivered. Thus, it can be concluded that this study shows that this podcast-based learning media is suitable for use as a learning medium and in accordance with the needs of students and teachers. Keywords: Writing Expositional Text, Learning Media, Podcast.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si. 2). Dr. Reni Nur Eriyani, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik Bahasa dan Kesusastraan > Sistem Penulisan dan Ejaan Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Users 9031 not found. |
Date Deposited: | 04 Mar 2021 08:20 |
Last Modified: | 04 Mar 2021 08:20 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14240 |
Actions (login required)
View Item |