PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM DARURAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 di SMAN 37 JAKARTA

SYAHRULLOH, . (2021) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM DARURAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 di SMAN 37 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (986kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang pada kehidupan di masa Pandemi virus corona (Covid-19) sangat berpengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat dalam melakukan berbagai aktifitas khususnya di dunia pendidikan. Peserta didik harus tetap mendapatkan pelajaran selama pandemi Covid-19 dengan syarat-syarat protokol kesehatan. Pendidik dan peserta didik harus tetap melakukan kegiatan belajar mengajar selama pandemi covid-19 dengan syarat-syatat protokol kesehatan. Dengan diterapkannya protokol kesehatan ini pembelajaran kini menjadi berubah dengan pembelajaran berbasis online (PJJ). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kurikulum darurat masa pandemic covid-19 di SMA Negeri 37 Jakarta. Yaitu tentang bagaimana penggunaan kurikulum pada pembelajaran PAI pada masa pandemic covid-19, bagaimana turunan silabus dan RPP hingga sampai ke guru PAI, dan Bagaimana Pembelajaran PAI dalam kurikulum darurat pada masa pandemi covid-19. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif studi kasus. Namun dengan keadaan yang tidak memungkinkan untuk menggunakan teknik pengumpulan data yang seharusnya dilakukan, maka teknik pengumpulan data hanya dilakukan melalui wawancara terstruktur. Teori yang dijadikan landasan pada penelitian ini adalah teori pembelajaran yang diungkap oleh Unang Wahidin dan Ahmad Syaefuddin, dimana dalam pembelajaran terjadi interaksi edukatif antara peserta didik, pendidik, lingkungan yang ,melibatkan berbagai komponen (tujuan, peserta didik, pendidik, perencanaan, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran). Sedangkan teori lain yang digunakan yaitu tentang Pendidikan Agama Islam menurut Muhaimin adalah pendidikan yang mengarahkan untuk meningkatkan keyakinan, pemahaman, penghayatan, dan pengalaman untuk membentuk kesalehan. Hasil dari penelitian ini adalah Kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 37 Jakarta adalah kurikulum 2013 yang telah disesuaikan dalam kondisi darurat yaitu adanya penyederhanaan kompetensi dasar dengan mengngunakan kompetensi dasar esensial saja. Dengan diterapkannya kurikulum yang disederhanakan terjadimya perubahan dalam proses pembelajaran yang semulanya secara tatap muka kini menjadi secara daring (PJJ). Proses pembelajaran pada kurikulum 2013 yang disederhanakan atau darurat yaitu dengan melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Penggunaan media pembelaran berbasis E-learning yaitu dengan menggunakan aplikasi-aplikasi berbasis online seperti google Classroom, zoom, google meet, quizizz, google suite, google sites, youtube, dan lain-lain This research has a background in life during the Coronavirus Pandemic (Covid-19) which has a very big influence on people's lives in carrying out various activities, especially in the world of education. Students must continue to learn during the Covid-19 pandemic with health protocol requirements. Educators and students must continue to carry out teaching and learning activities during the Covid-19 pandemic with health protocol requirements. With the implementation of this health protocol, learning has now changed to online-based learning (PJJ). This study aims to describe the learning of Islamic Religious Education in the emergency curriculum during the Covid-19 pandemic at SMA Negeri 37 Jakarta. Namely about how to use the curriculum in Islamic Education learning during the Covid-19 pandemic, how the derivative of the syllabus and lesson plans arrived at Islamic Education teachers, learning strategies, learning methods, learning media, the approach used, and the evaluation of learning carried out by educators. The method used in this research is a qualitative case study. However, in circumstances that made it impossible to use data collection techniques that should have been done, data collection techniques were only carried out through structured interviews. The theory that is used as the basis for this research is the learning theory revealed by Unang Wahidin and Ahmad Syaefuddin, where in learning there is educational interaction between students, educators, and the environment, which involves various components (objectives, learners, educators, planning, learning methods, learning media, and learning evaluation). Meanwhile, another theory used, namely the Islamic Religious Education, according to Muhaimin, is education that directs to increase belief, understanding, appreciation, and experience to form piety. The result of this research is that the curriculum used in learning Islamic Religious Education at SMAN 37 Jakarta is the 2013 curriculum which has been adjusted in an emergency, namely the simplification of basic competencies by using only essential basic competencies. With the implementation of a simplified curriculum, there have been changes in the learning process, from face-to-face to online (PJJ). The learning process in the 2013 curriculum is simplified or emergency, namely through Distance Learning (PJJ). The use of E-learning-based learning media, namely by using online-based applications such as google classroom, zoom, google meet, quizizz, google suite, google sites, youtube, etc.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Khairil Ikhsan Siregar, Lc, MA ; 2). Firdaus Wajdi, MA, Ph.D
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Kurikulum
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 9246 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2021 05:21
Last Modified: 10 Mar 2021 05:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14341

Actions (login required)

View Item View Item