DWI NURFITRIA BELLA, . (2021) STUDI KASUS POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANAK DENGAN ORANG TUA TUNARUNGU DI CIMANGGIS DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (840kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (968kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (812kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (781kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (830kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian kali ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengungkap bagaimana gambaran pola komunikasi interpersonal dari anak pendengaran normal dengan orang tua tunarungu. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumentasi dari informan kunci. Setelah peneliti selesai mengumpulkan data, hal selanjutnya ialah menganalisis data melalui tiga tahapan. Ketiga tahapan tersebut adalah mereduksi data; display data; dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi dari anak pendengaran normal dengan orang tua tunarungu terbentuk dari kegiatan komunikasi secara verbal dan nonverbal dengan menggunakan bahasa isyarat dan gerakan oral yang dipraktikkan setiap harinya. Komunikasi dilaksanakan dibawah aturan berkomunikasi yang hanya berlaku di keluarga inti seperti fokus dan tidak boleh salah dalam menggunakan bahasa isyarat. Selain itu, anak melalui tahapan pemerolehan bahasa dengan stimulus dari bahasa Ibu; lingkungan sekitar; dan proses imitasi pola kosakata. Pemerolehan bahasa yang didapat oleh anak ialah melalui bahasa isyarat dibawah pengasuhan secara langsung dari kedua orang tuanya yang tunarungu. Komunikasi dari anak pendengaran normal dengan kedua orang tua tunarungu juga kerap mengalami hambatan. Namun, dapat teratasi dengan usaha-usaha seperti menunjukkan afeksi; melibatkan anak dengan pembicaraan yang penting; memahami keadaan psikologis; komunikasi secara langsung dan tatap muka; hingga memanfaatkan umpan balik untuk melihat keaktifan lawan bicaara dalam mendengar. Hasil penelitian tersebut menjelaskan bahwa gambaran pola komunikasi interpersonal anak pendengaran normal dengan kedua orang tua tunarungu tergambarkan dari interaksi yang setiap hari dilakukan oleh anak dan kedua orang tuanya. This research aims to reveal the interpersonal communication patterns of children who are able to hear with their deaf parents. The research was conducted using a qualitative method through a case study approach. The data technique was carried out through observation, interviews, and secondary documentation from key informants. The data analyzed through three stages. Those three stages are data reduction; displaying the data; and concluding the data. The results showed that the communication patterns of children who are able to hear with their parents are in the form of verbal and nonverbal communication that they practice every day. The communication is possible under communication signs that only apply to the nuclear family. In addition, children are in the stage of acquiring language with stimuli from their mother tongue; surrounding environment; and the process of imitating vocabulary patterns. The communication between children who are able to hear with their deaf parents also often experiences obstacles. However, it can be overcome with efforts that show affection; engaging children with important conversations; understanding the psychological state; communicating directly; and utilizing feedback. The results of this study explain that the interpersonal communication pattern of children who are able to hear with their deaf parents is illustrated by the interactions that they do every day.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Hikmah, MM., M.Pd ; 2). Dr. Nurjannah, S.P., M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 10000 not found. |
Date Deposited: | 10 Mar 2021 08:14 |
Last Modified: | 10 Mar 2021 08:14 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/14442 |
Actions (login required)
View Item |