Penerapan Token Economy Untuk Mengurangi Perilaku Blindism Pada Siswa Tunanetra Kelas VI SD di SLB A Pembina Tingkat Nasional

QONITA MAEZEIN, . (2021) Penerapan Token Economy Untuk Mengurangi Perilaku Blindism Pada Siswa Tunanetra Kelas VI SD di SLB A Pembina Tingkat Nasional. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (821kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku blindism pada siswa tunanetra. Subyek penelitian ini adalah siswa tunanetra kelas VI di SLB A Pembina Tingkat Nasional, Jakarta. Perilaku blindism yang diintervensi adalah perilaku menggerakkan badan yang sering dilakukan oleh subyek pada saat kegiatan belajar mengajar. Penelitian menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Pengumpulan data tentang perilaku subyek melalui pengamatan yang dilakukan sebelum, sesudah, dan pada saat intervensi berlangsung. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis inspeksi visual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan token economy dapat mengurangi perilaku blindism siswa tunanetra pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran. Perilaku blindism terendah yang dilakukan oleh subyek pada baseline A1 (pra intervensi) adalah 40 kali gerakan. Pada saat intervensi diberlakukan, terjadi penurunan gerakan blindism menjadi 23 kali, dan perilaku blindism selanjutnya menurun menjadi 14 kali gerakan pada baseline A2 (pasca intervensi). Teknik token economy menjadi salah satu cara yang dapat dipilih oleh guru untuk mengurangi perilaku blindism pada tunanetra.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Dr.Asep Supena, M.Psi Leliana Lianty, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 10011 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2021 04:02
Last Modified: 25 Mar 2021 04:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15266

Actions (login required)

View Item View Item