PENGEMBANGAN ASESMEN ANAK USIA DINI MELALUI APLIKASI MOBILE PERKEMBANGANKU

ASTRI RAHMA MEGA RANI, . (2021) PENGEMBANGAN ASESMEN ANAK USIA DINI MELALUI APLIKASI MOBILE PERKEMBANGANKU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

PENGEMBANGAN ASESMEN ANAK USIA DINI MELALUI APLIKASI MOBILE PERKEMBANGANKU (Pengembangan Karya Inovatif) (2021) Astri Rahma Mega Rani ABSTRAK Pengembangan karya inovatif ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi mobile Perkembanganku untuk membantu guru dalam membuat asesmen anak didik. Metode yang digunakan adalah karya inovatif dengan menggunakan konsep penelitian pengembangan. teori metode yang digunakan adalah teori Dick dan Carry. Instrumen yang digunakan adalah instrumen angket untuk ahli materi, ahli media, pendidik, dan orang tua dengan menggunakan teknik penilaian skala Likert. Produk yang dihasilkan adalah aplikasi mobile perkembanganku berisi informasi hasil perkembangan anak usia dini. Penilaian ahli dilakukan dengan menggunakan instrumen angket pada ahli media dan ahli materi. Uji coba dilakukan dengan uji coba pada 6 orang guru dan 6 orang tua di BKB PAUD Mawar Jingga dan TK Al-Chasanah. Hasil instrumen penilaian menunjukkan bahwa persentase hasil penilaian untuk ahli materi adalah 87,5% dan hasil penilaian untuk ahli media sebesar 80%. Sedangkan untuk persentase hasil uji coba kepada guru dan orang tua menunjukkan hasil sebesar 95,83%%. Berdasarkan keseluruhan hasil penilaian dan uji coba menunjukkan bahwa pengembangan aplikasi mobile perkembanganku dapat membantu guru dalam membuat asesmen anak usia dini. Kata Kunci : aplikasi mobile perkembanganku, asesmen anak usia dini DEVELOPMENT OF EARLY CHILDHOOD ASSESSMENT THROUGH MOBILE PERKEMBANGANKU APPLICATION (Development of Innovative Works) (2021) Astri Rahma Mega Rani ABSTRACT The development of this innovative work aims to develop a mobile application Perkembanganku to help teachers in making assessments of students. The method used is an innovative work using the concept of development research. The instruments used are questionnaire instruments for material experts, media experts, educators, and parents using Likert scale assessment techniques. The resulting product is a Perkembanganku application containing information on early childhood development results. The result of the assessment experts are carried out using questionnaire instruments on media experts and material experts. The trial was conducted with trials on 6 teachers and 6 parents at BKB PAUD Mawar Jingga and TK Al-Chasanah. The results of the assessment instrument showed that the percentage of assessment results for material experts was 87.5%and the assessment results for media experts were 80% As for the percentage of test results to teachers and parents showed results of 95,83%%. Based on the overall assessment results and trials showed that the Perkembanganku application can help teachers in making assessments of early childhood. Keywords: perkembanganku application, early childhood assessment

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Dra. Yenina Akmal, M.Hum Hikmah, M.Pd, MM
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 10314 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2021 07:15
Last Modified: 22 Mar 2021 07:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15300

Actions (login required)

View Item View Item