Analisis Pemberian Reward dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar (Studi Kepustakaan)

PAMELA MEGA, . (2021) Analisis Pemberian Reward dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar (Studi Kepustakaan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (837kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan pemberian Reward dan dampaknya terhadap motivasi belajar peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi Pustaka. Penelitian ini berisikan teori-teori yang relevan yang sesuai dengan masalah yang dikaji, Studi Kepustakaan membatasi kegiatannya hanya pada bahan-bahan koleksi pustaka saja tanpa memerlukan riset lapangan. Teknik pengumpulan data yaitu Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian Reward memiliki dampak efektivitas tinggi dan signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik apabila digunakan dengan tepat dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Sebaiknya motivasi internal dan eksternal dikembangkan dengan baik. Banyak faktor untuk membuat siswa termotivasi dalam belajar dan berprestasi salah satunya yaitu dengan memberikan penghargaan (Reward), yang dalam beberapa keunggulan Reward disebutkan bahwa dapat memacu siswa bekompetisi, dan ikatan emosional antara peserta didik dengan guru dapat tumbuh dan berkembang secara optimal namun bisa jadi kelemahan apabila dalam pelaksanaannya Reward diberikan dengan cara tidak tepat. The purpose of this study was to determine how the application of rewards and its impact on the learning motivation of students. This research method uses Literarture Study methods with a literature review approach. This research contains relevant theories that are in accordance with the problem being studied, literature research limits its activities only to library collection materials without requiring field research. The results showed that giving Rewards that had a positive impact on students' learning motivation was used appropriately and in accordance with the needs of students. It is better if internal and external motivation are well developed. There are many factors to make students motivated to learn and achieve wrong, namely by giving Rewards, which in some ways the Reward can spur students to compete, and the emotional bond between students and teachers can grow and develop optimally but it could be a weakness of requirements in implementation of the Reward given in an improper manner.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Linda Zakiah, M.Pd 2) Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 9971 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2021 08:17
Last Modified: 29 Mar 2021 08:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15562

Actions (login required)

View Item View Item