CHANDRA PURNAMA DEWI, . (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS ANAK USIA 5-6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (288kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (284kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
Abstract
Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang dapat menunjang kebutuhan manusia dalam berkomunikasi di era global. Hasil survei EF tahun 2020, skor English Proficiency Index Indonesia ialah 453 yang menempatkan Indonesia di urutan ke-74 dari 100 negara dengan kategori indeks kecakapan berbahasa Inggris rendah. Banyak TK yang mulai mengajarkan bahasa Inggris sejak dini dengan berbagai macam metode dan media untuk mempersiapkan anak menghadapi persaingan di era global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media film animasi terhadap kemampuan berbahasa Inggris anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literasi untuk mencari dan menganalisis penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Data-data yang telah didapatkan dari berbagai literatur dikumpulkan sebagai suatu kesatuan dokumen yang digunakan untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan. Hasil dari penelitian ini ditemukan adanya pengaruh positif penggunaan media film animasi terhadap kemampuan berbahasa Inggris anak. Film animasi dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan kemampuan anak memahami dan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. English is an international language that can support human needs in communicating in the global era. The results of EF’s survey in 2020, Indonesia's English Proficiency Index score is 453 which places Indonesia in 74th place out of 100 countries with a low English proficiency index category. Many kindergartens have started teaching English from an early age using a variety of methods and media to prepare children for competition in the global era. This study aims to analyze the effect of animated movie media on early childhood English language skills. The research method used is library research to find and analyze previous studies. The data collection method used in this research is the documentation method. The data that has been obtained from various literatures are collected as a single document that is used to answer the problems that have been formulated. The results of this study found a positive influence on the use of animated movie media on children's English language skills. Animated films can be used as a medium to improve children's ability to understand and use English as a second language.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Hikmah, M.M, M.Pd. 2). Dr. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 10397 not found. |
Date Deposited: | 30 Mar 2021 07:08 |
Last Modified: | 30 Mar 2021 07:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/15564 |
Actions (login required)
View Item |