MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG SIFAT BENDA DAN PERUBAHANNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) PADA SISWA KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cipinang Melayu 07 Pagi Jakarta Timur)

RINA KURNIAWATI, . (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG SIFAT BENDA DAN PERUBAHANNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) PADA SISWA KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Cipinang Melayu 07 Pagi Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (156kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (9kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (143kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR..pdf

Download (149kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (122kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] Text
11. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA, khususnya pada aspek kognitif dengan menggunakan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada siswa kelas V SDN Cipinang Melayu 07 Pagi, Jakarta Timur. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pada siklus I, persentase siswa yang mencapai nilai hasil belajar di atas ≥70 sebesar 68.57%. Namun, hasil tersebut belum memenuhi target. Oleh karena itu, penelitian berlanjut pada siklus II. Pada siklus II, persentase siswa yang mencapai nilai hasil belajar ≥70 meningkat menjadi 88.57%. Dikarenakan data hasil belajar pada siklus II sudah mencapai target, maka penelitian berhenti pada siklus II. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) sebagai model pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Budiman Rajagukguk, M.Pd ; 2). Dra. Evita Adnan, M.Psi
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 15 Nov 2019 16:04
Last Modified: 15 Nov 2019 16:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1596

Actions (login required)

View Item View Item