PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA KELAS V SD KELURAHAN TANJUNG BARAT JAKARTA SELATAN

TRI WULAN PANDANSARI, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA KELAS V SD KELURAHAN TANJUNG BARAT JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1_COVER_SKRIPSI.pdf

Download (885kB)
[img] Text
2_BAB_I_Skripsi.pdf

Download (166kB)
[img] Text
3_BAB_II_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text
4_BAB_III_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text
5_BAB_IV_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text
6_BAB_V_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
7_DAFTAR_PUSTAKA_Skripsi.pdf

Download (160kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas V SD pada muatan IPA di Kelurahan Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Kelurahan Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain tipe Posttest Only Control Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen soal berupa posttest. Validasi dihitung menggunakan korelasi point biserial untuk mengetahui instrumen valid. Uji reliabilitas dihitung menggunakan Khuder Richardson 20 (KR-20) dan diperoleh nilai r = 0,84 yang berarti reliabilitas tinggi. Hasil perhitungan skor instrumen kedua kelas dihitung menggunakan uji normalitas dengan uji Liliefors untuk mengetahui data tersebut berdistribusi normal dan uji homogenitas dengan uji Fisher untuk mengetahui kedua kelas bersifat homogen. Selanjutnya dilakukan analisis hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan = 0,05 yang memperoleh hasil thitung (3,61) > ttabel (1,67) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu 80 > 71, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar IPA siswa yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 18 Jun 2021 05:20
Last Modified: 18 Jun 2021 05:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16249

Actions (login required)

View Item View Item