PROSES PEMBENTUKAN KATA (MORFOLOGI) MELALUI METODE MATERNAL REFLEKTIF OLEH GURU PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS V (Studi Deskriptif di SDLB Santi Rama)

Tiani Ayuningthias Zuhri, . (2019) PROSES PEMBENTUKAN KATA (MORFOLOGI) MELALUI METODE MATERNAL REFLEKTIF OLEH GURU PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS V (Studi Deskriptif di SDLB Santi Rama). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (32kB)
[img] Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (184kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (105kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (102kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (108kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
11a. BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text
11b. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
11c. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
11d. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB)
[img] Text
11e. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi yang mendalam mengenai proses pembentukan kata (morfologi) melalui metode maternal reflektif pada peserta didik tunarungu kelas V di SDLB Santi Rama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Analisis data yang digunakan menggunakan model Miles dan Huberman dengan alur reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembentukan kata (morfologi) khusus untuk kata berimbuhan dibagi menjadi tiga yaitu proses pembentukan awalan (prefiksasi), proses pembentukan akhiran (sufiksasi), dan proses pembentukan morfofonemik. Proses pembentukan kata (morfologi) diawali dengan kegiatan percakapan yaitu perdati, percatif, atau percamsi. Sedangkan prinsip MMR yang digunakan dalam pembentukan kata (morfologi) adalah proses penemuan sendiri. Diharapkan guru dapat mempertahankan, meningkatkan, dan mengaplikasikan pelaksanaan MMR terhadap proses pembentukan kata (morfologi).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Riana Bagaskorowati, Ph.D ; 2). Leliana Lianty, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2021 08:10
Last Modified: 18 Jun 2021 08:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16256

Actions (login required)

View Item View Item