SAFINAH AULIA, . (2019) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD DI KELURAHAN JATI PULOGADUNG JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (52kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (141kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (426kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (384kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (148kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (152kB) |
|
Text
11. a. BAB I.pdf Download (166kB) |
|
Text
11. b. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
|
Text
11. c. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
|
Text
11. d. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
|
Text
11. e. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas Lima Sekolah Dasar di Kelurahan Jati, Pulogadung, Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas lima di Sekolah Dasar Kelurahan Jati Pulogadung sebanyak seratus lima belas siswa dengan mengambil dua SD. Variabel bebas yaitu Efikasi Diri dan variabel terikat yaitu Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner), Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional dengan menggunakan analisis Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian perhitungan koefisien korelasi Product Moment yang diperoleh yaitu koefisien = 32,610 bila dikonsultasikan dengan pada taraf signifikansi 0,05 dengan dk (n-2) = 115 sebesar 1,658 , maka = 32,610 > = 1,658. Hal tesebut menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan motivasi belajar IPS yang dihitung dengan koefisien korelasi sebesar 0,951. Uji determinasi diperoleh motivasi belajar ilmu pendidikan sosial Siswa Kelas Lima Sekolah Dasar di Kelurahan Jati Pulogadung ditentukan oleh tingkat efikasi diri sebesar 90,44%, selebihnya ditentukan oleh faktor lain. Pada dasarnya hasil penelitian ini diharapkan guru harus dapat melihat siswa yang mempunyai efikasi diri yang baik dan kurang baik, sehingga guru dapat mengarahkan siswa untuk lebih berkonsentrasi pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, khususnya kelas lima sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Ir. Arita Marini, M.E ; 2). Dr. Herlina, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 24 Jun 2021 06:49 |
Last Modified: | 24 Jun 2021 06:49 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16324 |
Actions (login required)
View Item |