Qonita Amalia, . (2019) Peran Guru Anak Usia Dini terhadap Perilaku Bullying Anak Usia 5-6 tahun di BKB PAUD Melati Putih (Penelitian Studi Kasus). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Cover skripsi.pdf Download (94kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (42kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (288kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINILITAS.pdf Download (356kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (187kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (174kB) |
|
Text
10. a) BAB I PENDAHULU.pdf Download (172kB) |
|
Text
10. b) BAB II PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
|
Text
10. c) BAB III Metodologi Penelitian.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
|
Text
10. d) BAB IV Turun Lapangan fix print.pdf Restricted to Registered users only Download (806kB) |
|
Text
10. e) BAB V KESIMPULAN.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
Abstract
Penelitian studi kasus ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai peran guru terhadap perilaku bullying anak usia 5-6 tahun yang berada di BKB PAUD Melati Putih Jakarta Timur, sampel dalam penelitian ini adalah dua anak berusia 5-6 tahun dan satu guru kelas. Pengambilan sampel berdasarkan purposive sampling. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru dalam menghadapi perilaku bullying anak usia 5-6 tahun adalah (1). Membangun keterampilan social seperti melakukan peer group support dan menanamkan sikap empati (2). Menindak lanjuti prilaku bullying, (3).Memberikan dukungan social baik bagi pelaku dan korban (4).Melakukan pengawasan dilingkungan anak. Hasil ini menunjukan bahwa peran guru dalam menghadapi perilaku bullying adalah membangun keterampilan sosial, menindak lanjuti perilaku bullying, melakukan pengawasan dilingkungan anak, dan perilaku bullying dibagi menjadi tiga jenis 1).Perilaku bullying secara verbal seperti meledek dan berkata kasar, 2) perilaku bullying secara fisik seperti menendang, memukul, mencubit, 3) perilaku bullying secara sosial/relational seperti dikucilkan, dijauhi, tidak dibolehkan ikut bermain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra.Yasmin Faradiba, M.pd ; 2). Dr. Nurjannah, SP, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 05:49 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 05:49 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16375 |
Actions (login required)
View Item |