NURUL AINI INTAN PERMATA BUNDA TANJUNG, . (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MUATAN PANAS DAN PERPINDAHANNYA DI KELAS V SD KELURAHAN JATINEGARA KAUM JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Cover.pdf Download (171kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. Abstrak-Indonesia.pdf Download (87kB) |
|
Text
5. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf.pdf Download (955kB) |
|
Text
8. KATA PENGANTAR.pdf Download (144kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (152kB) |
|
Text
13. BAB I.pdf Download (264kB) |
|
Text
14. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
|
Text
15. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) |
|
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
|
Text
17. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar peserta didik pada tema 6 panas dan perpindahannya kelas V di SDN Jatinegara Kaum 03 Pagi Jakarta Timur. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only. Penelitian ini dilakukan di SDN Jatinegara Kaum 03 Pagi pada tahun 2019/2020. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik Sampling Random Sampling. Sehingga, diperoleh kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas memiliki jumlah siswa yang sama banyak yaitu 30 siswa. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Direct Instructions. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah soal posttest pilihan ganda berjumlah 30 soal. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial yaitu uji-t. rata-rata hasil belajar yang diperoleh siswa kelas eksperimen sebesar 74, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 67, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA pada kelas eksperimen dan kelas kontrol (thitung 2,48 = ; ttabel = 1,67 sehingga thitung > ttabel ). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA pada tema panas dan perpindahannya dikarenakan siswa sangat antusias dan aktif selama proses pembelajaran yang segan bertanya kepada guru diberikan wadah untuk bertanya kepada asisten guru terlebih dahulu.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Sutrisno, M.Si ; 2). Waluyo Hadi, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 02 Jul 2021 02:43 |
Last Modified: | 02 Jul 2021 02:43 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16402 |
Actions (login required)
View Item |