NESYA ANJANI FRADIFTA, . (2019) PENINGKATAN MINAT BELAJAR PADA MUATAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW DI KELAS IV SDN CIBALAGUNG 5 BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1 COVER.pdf Download (105kB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (91kB) |
|
Text
3 LEMBAR PERSETUJUAN (SCAN).pdf Download (569kB) |
|
Text
4 LEMBAR ORISINALITAS (SCAN).pdf Download (489kB) |
|
Text
6 KATA PENGANTAR.pdf Download (194kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI.pdf Download (103kB) |
|
Text
11a BAB I.pdf Download (30kB) |
|
Text
11b BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) |
|
Text
11c BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
|
Text
11d BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
11e BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
|
Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (272kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar pada muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw pada siswa kelas IV SDN Cibalagung 5 Kota Bogor. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Cibalagung 5 Kota Bogor sebanyak 26 orang. Metode penelitian kelas yang digunakan yaitu desain tindakan menurut Kemmis dan Mc Taggart yang dalam satu siklusnya terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket minat belajar dan pemantauan tindakan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Quick On The Draw dapat meningkatkan minat belajar IPS siswa di kelas IV SD. Berdasarkan angket minat belajar IPS diperoleh data 54% siswa mendapat kategori skor minat sangat tinggi pada siklus I dan meningkat menjadi 88% pada siklus II. Pada data pemantau tindakan aktivitas guru dan siswa mendapat skor 73% pada siklus I dan meningkat menjadi 93% pada siklus II. Implikasi model pembelajaran tipe Quick On The Draw adalah peningkatan minat belajar IPS siswa yang diajak berkegiatan permainan ini menjadi lebih percaya diri berbicara, pembelajaran menjadi menyenangkan dan siswa lebih bersemangat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Ajat Sudrajat, M. ; 2). Drs. Andi Ali Saladin, M. Pd., |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 02 Jul 2021 07:46 |
Last Modified: | 02 Jul 2021 07:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16424 |
Actions (login required)
View Item |