NADIYATUNNAFI’AH, . (2019) REGULASI EMOSI ANAK PENGHAFAL AL-QUR’AN USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Kualitatif Fenomenologi di Sekolah Hafizh Anak Juara Tebet). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB 1.pdf Download (176kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
|
Text
ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (163kB) |
|
Text
COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (157kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN GLOSARIUM.pdf Download (177kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (86kB) |
|
Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (734kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kecerdasan emosional seringkali dikesampingkan dengan berpikir dan melihat tolak ukur keberhasilan berupa kecerdasan intelektual saja. Padahal saat ini banyak pekerjaan yang mengedepankan kerjasama dalam tim. Regulasi emosi merupakan bagian dari kecerdasan emosional yang juga penting untuk diperhatikan dan diajarkan kepada anak, terlebih ketika anak berada pada masa emasnya. Seseorang yang kurang dalam mengelola emosinya akan sering mengalami pergesekan dengan orang lain dan sulit menghadapi persoalan termasuk dalam perkerjaan. Hal tersebut menandakan bahwa pemahaman mengelola emosi diri harus diajarkan sejak dini, agar pemahaman tersebut dapat melekat pada diri anak hingga dewasa. Sekolah atau lembaga menghafal Al-Qur’an adalah salah satu tempat yang tepat dan baik dalam menanamkan pengelolaan emosi diri. Di tempat tersebut secara tidak langsung anak diajarkan bagaimana bersikap sesuai dengan tuntunan dalam Al-Qur’an dan Sunnah. Tujuan Penelitian ini yaitu menggambarkan kemampuan regulasi emosi pada anak penghafal Al-Qur’an usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif fenomenologi yang dilakukan di Sekolah Hafizh Qur’an Anak Juara. Hasil Penelitian ini yaitu: anak memperlihatkan kemampuan mengelola emosi diri, memanfaatkan emosi diri secara positif, kemampuan mengatur emosi sesuai dengan situasi dan kondisi diri, dan kemampuan pertahanan diri dalam setiap persoalan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Hapidin, M.Pd ; 2). Azizah Muis, S.Pd, M.Pd, |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Alquran dan Kumpulan Karya Islam |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 05 Jul 2021 05:01 |
Last Modified: | 05 Jul 2021 05:01 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16441 |
Actions (login required)
View Item |