KURNIA HARTATI, . (2019) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG AKIDAH AKHLAK DENGAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH ( Studi Korelasi di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Pondok Gede, Bekasi ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN JUDUL.pdf Download (65kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (90kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (173kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (132kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (98kB) |
|
Text
11.a. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (288kB) |
|
Text
11.b. BAB II KAJIAN TEORITIK.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
|
Text
11.c. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
11.d. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
11.e. BAB V KESIMPULAN, IMPLIKASI, DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (896kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
Abstract
Penelitian korelasi ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan akidah akhlak dengan perilaku keagamaan siswa kelas III madrasah ibtidaiyah di kecamatan Pondok Gede, Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasi (hubungan ). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu soal tes dan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data yang diperoleh dari masing- masing variabel yaitu uji hipotesis korelasi product moment, yang mana teknik ini digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel (X) yaitu tingkat pengetahuan akidah akhlak dengan variabel (Y) yaitu perilaku keagamaan. Hasil dari penelitian ini yaitu hubungan antara dua variabel yang diteliti merupakan hubungan positif, dimana kenaikan pada variabel X akan diiringi juga dengan peningkatan pada variabel Y. Besar hubungan tingkat pengetahuan akidah akhlak dengan perilaku keagamaan diperoleh hasil sebesar 0.423. Hasil tersebut menunjukkan persentase hubungan tingkat pengetahuan akidah akhlak degan perilaku keagamaan siswa kelas III madrasah ibtidaiyah sebesar 17.9%. Artinya, faktor yang dapat mempengaruhi dan berhubungan dengan perilaku keagamaan siswa, salah satunya adalah tingkat pengetahuan akidah akhlak. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kualitas pembelajaran akidah akhlak yang diperoleh siswa disekolah dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan perilaku keagamaan siswa. Oleh karena itu, variasi dan inovasi dalam proses pembelajaran perlu dilakukan agar penyerapan informasi terkait pengetahuan akidah akhlak diterima siswa degan maksimal
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Lara Fridani, M.Psych, Ph.D ; 2). Dr. Nurjannah, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 09 Jul 2021 04:27 |
Last Modified: | 09 Jul 2021 04:27 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16496 |
Actions (login required)
View Item |