Zilfira Oktaviani, . (2016) PENGARUH METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP SIKAP EMPATI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN (STUDI EKSPERIMEN DI KELAS IV SDN KELURAHAN MEKARJAYA DEPOK). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Zilfira Oktaviani.pdf Download (3MB) |
|
Text
ABTRAK, ABSTRACT.pdf Download (127kB) |
|
Text
Jurnal Zilfira Oktaviani.pdf Download (133kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Cooperative Learning tipe STAD terhadap sikap empati Siswa kelas IV SD pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV A dan IV B SDN Mekarjaya 10 Depok dengan jumlah 72 siswa pada kedua kelasnya. Penggunaan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain Posttest Only Grup Control Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi analisis dengan menggunakan uji-t. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada metode Cooperative Learning tipe STAD terhadap sikap empati Siswa kelas IV SD pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) diterima. Kesimpulan tersebut ditunjukkan dengan uji-t yang membuktikan bahwa thitung lebih dari ttabel pada α = 0,05 yaitu 2,673 > 2,03 dan nilai Rata-rata skor sikap empati siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 66,08 > 63,5.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Nina Nurhasanah, M.Pd ; 2). Dra. Iva Sarifah, M.Pd, |
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 19 Nov 2019 15:14 |
Last Modified: | 19 Nov 2019 15:14 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1665 |
Actions (login required)
View Item |