STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 02 JAKARTA

NABILLA MUMTAZA, . (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI 02 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (671kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam pada peserta didik tunagrahita di SLB Negeri 02 Jakarta, dan untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama islam pada peserta didik tunagrahita di SLB Negeri 02 Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dengan prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran guru pendidikan agama Islam untuk anak tunagrahita adalah strategi pembelajaran langsung dan strategi pembelajaran eksperiensial (pengalaman). Metode yang digunakan oleh guru pendidikan Islam adalah metode ceramah dengan strategi pembelajaran yaitu mengulang-ulang materi yang disampaikan serta menggunakan media pembelajaran seperti poster maupun video. Faktor penghambat dan pendukung yaitu, penerapan strategi pembelajaran pada siswa tunagrahita di Lenteng Agung, SLB Negeri 02 Jakarta, terdapat beberapa faktor pendukung yaitu praktek keberagaman siswa yang baik, pengetahuan agama siswa yang baik dan dukungan dari sekolah kepada guru Pendidikan Agama Islam berupa pelatihan mengajar, buku-buku penunjang pembelajaran, serta mushola sebagai tempat beribadah maupun praktik keagamaan. Sedangkan faktor penghambat siswa tunagrahita SLB Negeri 02 Jakarta untuk menerapkan strategi pembelajaran adalah ketidakstabilan psikologis peserta didik. This study is aimed at learning how the islamic teacher's education strategy should be conducted on the tunagrahita dividend of Indonesia in Indonesia, and to find out what the supporting factors and strategies of the islamic education teachers are teach�ing in the tunagrahita region. The kind of research used on this research is a descriptive qualitative. With the data-collection procedure used are observation, interview and docu�mentation. Research indicates that the islamic teaching strategy for tunagrahita children is a straightforward learning strategy and an experiential learning strategy. The method used by Islamic education teachers is the lecture method with a learning strategy that is repeat�ing the material presented and using learning media such as posters and videos. Contrib�uting factors and support that is, application of learning strategies in tunagrahita students in Lenteng Agung, state SLB 02 Jakarta, There are some contributing factors: good stu�dent diversity, good student religious knowledge and support from schools to islamic re�ligious education teachers of teaching training, learning AIDS, and musholas as places of worship as well as religious practice whereas the tunagrahita student inhibitors state SLB 02 Jakarta To implement the learning strategy is the psychological instability of learners.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Khairil Ikhsan Siregar, MA ; 2). Rudi M. Barnansyah, M.Pd.I
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10838 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2021 03:22
Last Modified: 20 Aug 2021 03:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/16867

Actions (login required)

View Item View Item