PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS X DI SMA NASIONAL 1 BEKASI DENGAN METODE "EL-SYARIF"

MUHAMMAD IQBAL, . (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS X DI SMA NASIONAL 1 BEKASI DENGAN METODE "EL-SYARIF". Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
bab 1-5-fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
cover+abstrak-fix.pdf

Download (558kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SMA Nasional 1 Bekasi pada bulan Mei– Juni 2014 dengan tujuan penelitian ini untuk melihat peningkatan kemampuan berbicara dalam Bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindak kelas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Nasional 1 Bekasi. Pengukuran hasil penguasaan kosakata dilaksanakan di akhir kegiatan penelitian dengan memberikan tes penguasaan berbicara berbentuk bicara dalam Bahasa Arab. Penelitian Tindak Kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus dari Stephen Kemmis & Robin Mc Taggart. Penelitian Tindak Kelas ini dilakukan melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah : siklus I nilai rata-rata peningkatan penguasaan berbicara bahasa Arab pada siswa kelas X SMA Nasional 1 Bekasi adalah 6,99, pada siklus II nilai rata-rata peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab meningkat menjadi 7,52. Implikasi hasil penelitian menggunakan metode "El-Syarif" yang diterapkan dalam peningkatan kemampuan berbicara bahasa Arab pada ujian peningkatan kemampuan berbicara pada siklus I mencapai rata-rata nilai 6,99, nilai ini belum mencapai hasil yang diharapkan, karena penerapan metode yang belum maksimal dan belum terbiasa dengan metode ini. Dan pada siklus II peneliti melaksanakan proses pembelajaran berbicara Bahasa Arab dengan langkah-langkah yang telah dilaksanakan pada siklus I yang membedakan adalah peneliti memberikan teknik dalam metode "El-Syarif" secara lebih bervariasi, sehingga siswa tidak merasakan kebosanan, dan terpecahnya konsentrasi mereka. Dan metode "El-Syarif" inilah yang menjadikan siswa mampu untuk meningkatkan penguasaan berbicara bahasa Arab. siklus II mencapai 7,52, atau indicator pencapaian berhasil Maka rata-rata hasil ujian diraih, 26 siswa mencapai hasil ujian ±65 sehingga 92,85% dari jumlah siswa yang mencapai hasil yang diharapkan. Hasil ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan penguasaan berbicara bahasa Arab pada siswa SMA Nasional 1 Bekasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa metode "El-Syarif" dapat meningkatkan penguasaan berbicara Bahasa Arab siswa SMA Nasional 1 Bekasi. Dengan demikian metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu metode dalam pembelajaran berbicara sehingga siswa menjadi senang dan lebih mudah dalam berbicara Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Raden Ahmad Barnabas, M.Pd. ; 2). Ahmad Murodi, M.A.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 20 Nov 2019 11:41
Last Modified: 20 Nov 2019 11:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1699

Actions (login required)

View Item View Item