PENGARUH MOTIVASI SOSIAL TERHADAP PERILAKU SHARENTING ORANG TUA

ALLIKA NUR RAMDINA SYAHAS, . (2021) PENGARUH MOTIVASI SOSIAL TERHADAP PERILAKU SHARENTING ORANG TUA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Lampiran-Lampira.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy

Abstract

*ABSTRAK* Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi sosial terhadap perilaku sharenting pada orang tua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif asosiatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Jakarta Timur pada bulan April sampai Mei 2021. Responden dalam penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Peneliti memiliki kriteria tertentu dalam mengambil sampel di antaranya, orang tua bertempat tinggal di Jakarta Timur, memiliki akun media sosial, orang tua yang pernah membagikan foto atau video anak yang baru lahir sampai dengan 12 tahun di media sosial. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan melakukan pengisian kuesioner. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala likert yang digunakan untuk mengukur sharenting. Sharenting terdiri atas empat dimensi, yaitu, jumlah, frekuensi, konten informasi. Variabel motivasi sosial terdiri atas tiga dimensi, yaitu motivasi berprestasi, motivasi berafiliasi, dan motivasi berkuasa. Data yang sudah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil persamaan regresi yang dihitung Ŷ= 2,493+0,937X yang signifikan positif antara motivasi sosial dan sharenting. Sharenting dilakukan oleh orang tua karena adanya dorongan motivasi berafiliasi dan dorongan untuk berinteraksi dengan orang lain. Motivasi sosial yang dilakukan orang tua merupakan dorongan untuk terus berhubungan dengan orang lain, foto atau video anak dijadikan sebagai media kabar mengenai keluarga. Hal ini berarti semakin adanya dorongan motivasi sosial maka perilaku sharenting orang tua semakin tinggi. Variabel Motivasi sosial memberikan pengaruh yang efektif terhadap perilaku sharenting dengan koefisien determinasi sebesar 32,3%, sedangkan sisanya 67,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Elmanora,S.Si.,M.Si. 2) Maya Oktaviani, S.Pd.,M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Ilmu Sosial > Wanita,Pernikahan dan Keluarga
Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 11018 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2021 09:44
Last Modified: 15 Jun 2022 07:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17574

Actions (login required)

View Item View Item