PERJALANAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA DARI MASA ORDE BARU SAMPAI AWAL REFORMASI (1994-2004)

CHOIRIYAH FITRIYANI, . (2020) PERJALANAN PENDIDIKAN SISTEM GANDA DARI MASA ORDE BARU SAMPAI AWAL REFORMASI (1994-2004). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang perjalanan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di Indonesia. Tujuan pada penelitian skripsi ini untuk mengetahui bagaimana latar belakang lahirnya kebijakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di Indonesia tahun 1994 serta perjalanan selama kebijakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di Indonesia sampai awal reformasi tahun 2004. Pada tahapan pertama yaitu pemilihan topik, penulis memiliki daya tarik emosional dengan kebijakan- kebijakan pendidikan kejuruan di Indonesia dan memfokuskan pada kebijakan pendidikan sistem ganda. Setelah penulis berhasil menentukan topik penelitian, berikutnya penulis mengumpulkan data-data terkait melalui buku, jurnal, koran dan arsip berupa Undang-Undang tentang pendidikan kejuruan. Setiap data dipilah dengan memperhatikan tanggal peristiwa, tahun terbit setiap data, serta keterkaitan antardata yang diperoleh. Data-data yang akurat dilakukan penafsiran kembali oleh penulis untuk dijadikan tulisan pada akhir tahapan penelitian. Skripsi ini membahas mengenai latar belakang lahirnya pendidikan sistem ganda di Indonesia tahun 1994 yang dirancang oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wardiman Djojonegoro serta membangun kerja sama dengan Kamar Dagang Indonesia tahun 1994 yang di ketuai oleh Ir.Aburizal Bakrie. Kebijakan pendidikan sistem ganda juga diperkenalkan pada rapat pertemuan dengan Duta Besar Australia, melakukan kerjasama dengan anggota APEC dalam menyambut era perdagangan global. Selain itu, penulis juga membahas perjalanan pelaksanaan pendidikan sistem ganda yang meliputi tahapan pelaksanaan sampai dengan hambatan yang terjadi sejak awal diberlakukan tahun 1994 sampai dengan tahun 2004. Evaluasi pelaksanaan pendidikan sistem ganda pada tahun ajaran 1994/1995 tercatat 249 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) telah berhasil melakukan kerja sama dengan industri. Perjalanan pendidikan sistem ganda di tahun ajaran berikutnya terus mengalami penambahan jumlah kerja sama antara industri dan sekolah. Tata pelaksanaan pendidikan sejak tahun 1994-2003 menggunakan pola pelaksanaan yang sama. Namun, pada tahun 2004 pemerintah menerapkan model pembelajaran production based training. Model pembelajaran ini dilaksanakan dengan cara peserta didik diberikan pengetahuan dalam pembuatan sebuah produk dengan beracuan pada industri. Pelaksanaan pendidikan sistem ganda merupakan model pembelajaran yang baru, sehingga tidak menutup kemungkinan munculnya hambatan-hambatan saat pelaksanaan seperti kurangnya informasi yang dimiliki pihak industri mengenai konsep pendidikan sistem ganda, kurangnya pembinaan di industri dari para Pembina, serta pemilihan pola pembelajaran yang kurang tepat. Berdasarkan data tersebut, pelaksanaan pendidikan sistem ganda masih kurang maksimal sehingga kasus pengangguran masih belum dapat teratasi. The thesis reviewed the dual system education trip (PSG) in Indonesia. The goal of this thesis research is to find out how the birth of the dual system education policy (PSG) in Indonesia in 1994 and the travel during the Indonesia's dual system education policy (PSG) until the beginning of the 2004 reform. At the first stage of the topic selection, authors have an emotional appeal to vocational education policies in Indonesia and focus dual system education policy. Once the author has successfully determined the study topic, the writer next collects the relevant data through books, journals, papers and archived laws on vocational education. Each data is plotted by observing the date of events, the year each data rises, and the relation between the data obtained. Accurate data are reinterpreted by authors to write at the end of the research phase. The thesis deals with the background of the 1994 Indonesia dual system education designed by the Wardiman Djojonegoro minister of education and culture and building cooperation with the 1994 Indonesian chamber of commerce hosted by Ir. Aburizal bakrie. Dual system education policies were also introduced at meetings with the Australian ambassador, providing cooperation with APEC members in addressing the global trade era. Additionally, the writer also discussed the course of executing a double system of education that covered the performance stages up to the obstacles that occurred from the beginning in 1994 to 2004. The 1994/1995 valuation of a double system education in 1994/1995 school noted that 249 of the country's vocational school has been successful in cooperation with the industry. The double-system education trip over the next school year continued to see an increased amount of cooperation between industry and school. The administration of education since 1994-2003 has used the same exercise pattern. However, in 2004 the government adopted a model of learning production based training. This learning model is performed in a way learners are given knowledge in the manufacturing of a product with reference to the industry. The implementation of a double system education is a new learning model, so it does not preclude the possible constraints on implementation such as the lack of information on the dual system education concepts, the lack of coaching in the industry from the builders, and the selection of incorrect learning patterns. According to such data, implementation of double system education is still lacking so that the case of unemployment remains unabated.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Umasih, M.Hum. ; 2). Dr. Nurzengky Ibrahim, M.M.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 11456 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2021 07:50
Last Modified: 27 Aug 2021 07:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17774

Actions (login required)

View Item View Item