IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIDKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 198 JAKARTA

SRI RAHAYU, . (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIDKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 198 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (636kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sri Rahayu, Implementasi Model Pembelajaran dalam jaringan (Daring) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 198 Jakarta, Skripsi: Jakarta, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2021. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ; (1) Bagaimana model pembelajaran dalam jaringan (Daring) yang digunakan oleh guru PPKn di SMP Negeri 198 Jakarta, (2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran dalam jaringan (Daring) pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 198 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskripstif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari wawancara dengan 10 orang informan dan 1 orang key informan. Penelitian ini dilakukan dalam rentang waktu dari bulan Mei sampai Juni 2021. Uji validitas data dalam penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi sumber dengan melakukan wawancara dengan Expert. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dari dengan judul penelitian Implementasi Model Pembelajaran dalam jaringan (Daring) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 198 Jakarta diketahui bahwa; (1) dalam proses pembelajaran yang dilakukan secara daring pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 198 Jakarta, guru PPKn menggunakan PPT/Video pembelajaran dalam menyampaikan materi kemudian dibagikan kepada siswa melalui aplikasi Google Classroom dan Zoom Meeting, (2) dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa faktor pendukung seperti hp kondisi baik, memiliki paket data, jaringan yang stabil, pendampingan oleh orang tua, pandemi dan semangat belajar adapaun faktor penghambat seperti ketidakstabilan jaringan, hp rusak atau eror, habis paket data, kesiangan, tidak siap belajar, lupa mengisi daya hp dll, akan tetapi terdapat beberapa solusi guna mengatasi faktor penghambat tersebut yaitu pertama,siswa mengatasi sendiri kendala yang dihadapi, dan kedua, ditangani oleh pihak sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dalam proses pembelajaran daring ini menggunakan beberapa aplikasi dimana dalam pelaksaannya sudah berjalan lancar hanya saja masih terdapat kendala yang dihadapi oleh siswa serta dalam proses evaluasinya menggunakan Google form dengan jenis penugasan yaitu Pilihan Ganda dan Esai. Akan tetapi terdapat beberapa upaya yang dilakukan baik oleh siswa maupun pihak sekolah untuk mengurangi kendala ini sehingga diharapkan pembelajaran PPKn secara daring ini dapat sedikit lebih maksimal kedepannya. Kata Kunci : Model, Pembelajaran, Daring, PPKN Sri Rahayu, Implementation of Online Learning Model in Pancasila and Citizenship Education Subjects at SMP Negeri 198 Jakarta, Thesis: Jakarta, Pancasila and Citizenship Education Study Program, Faculty of Social Sciences, State University of Jakarta, 2021. The purpose of this research is to find out; (1) How is the online learning model used by PPKn teachers at SMP Negeri 198 Jakarta, (2) How to implement online learning model in PPKn subjects at SMP Negeri 198 Jakarta. The research method used is qualitative with descriptive approach. Data collection techniques are by interview and documentation. The data source was obtained from interviews with 10 informants and 1 key informant. This study was conducted in a span of time from May to June 2021. The data validity test in this study is using source triangulation by conducting interviews with Experts. The analysis techniques used in this study are data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of the study with the title of the implementation of online learning model in pancasila and citizenship education subjects at SMP Negeri 198 Jakarta are known that; (1) In the learning process conducted online in PPKn subjects at SMP Negeri 198 Jakarta, PPKn teachers use PPT/Video learning in delivering materials and then shared with students through Google Classroom and Zoom Meeting applications, (2) in its implementation there are still some supporting factors such as hp good condition, have a data package, stable network, mentoring by parents, pandemic and spirit of learning there are several inhibitory factors such as network instability, hp damaged or error, exhausted data package, oversleep, not ready to learn, forget to charge hp etc, however, there are several solutions to overcome these inhibitory factors, first, students overcome the obstacles themselves, and secondly, handled by the school. The conclusion of this study is in the process of online learning using several applications where in the implementation has been running smoothly only there are still obstacles faced by students and in the evaluation process using Google form with the type of assignment that is Multiple Choice and Essay. The conclusion of this study is in the process of online learning using several applications where in the implementation has been running smoothly only there are still obstacles faced by students and in the evaluation process using Google form with the type of assignment that is Multiple Choice and Essay. However, there are several efforts made by both students and the school to reduce these obstacles so that it is expected that online PPKn learning can be slightly more maximized in the future. Keywords : Model, Learning, Online, PPKN

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Hj. Etin Solihatin. M.Pd. ; 2). Asep Rudi Casmana, S.Pd., MA.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 11208 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2021 04:13
Last Modified: 28 Aug 2021 04:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17779

Actions (login required)

View Item View Item