PEMANFAATAN BERITA DARING DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMAN 102 JAKARTA

CANTIKA AZIZAH, . (2021) PEMANFAATAN BERITA DARING DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SMAN 102 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Cantika Azizah, Pemanfaatan Berita Daring Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di SMAN 102 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perencanaan pemanfaatan berita daring dalam meningkatkan minat membaca siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan; (2) untuk mengetahui pelaksanaan pemanfaatan berita daring dalam meningkatkan minat membaca siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan; dan (3) untuk mengetahui evaluasi pemanfaatan berita daring dalam meningkatkan minat membaca siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini dilakukan pada bulan juni 2021 di SMAN 102 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif dengan pendekatan induktif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer diperoleh dari informan, key-informan, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif Miles dan Huberman. Teknik kalibrasi keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil temuan pada penelitian ini menunjukan bahwa (1) perencanaan pemanfaatan berita daring dalam meningkatkan siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah dengan membuat RPP yanng sumber belajarnya menggunakan berita daring; (2) ) pelaksanaan pemanfaatan berita daring dalam meningkatkan siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah dengan memberikan tugas tes tertulis kepada siswa: dan (3) ) evaluasi pemanfaatan berita daring dalam meningkatkan siswa kelas X pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dapat dilihat dari respon siswa pada saat memanfaatkan berita daring yaitu memiliki rasa senang dan perhatian terhadap bacaan sehingga minat membacanya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan menjadi meningkat. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pemanfaatan berita daring dilakukan dengan menyusun suatu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan perencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP), serta memberikan evaluasi terhadap pemanfaatan berita daring dalam meningkatkan minat membaca siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Kata kunci: Pemanfaatan, Minat Membaca, PPKn ABSTRACT Cantika Azizah. Content of Utilization of Online News in Increasing Interest in Reading Grade X Students in Pancasila and Citizenship Education Subjects at SMAN 102 Jakarta. Thesis. Jakarta: Study Program of Pancasila and Civic Education, Faculty of Social Science, Universitas Negeri Jakarta, 2021. The aims of this study are (1) to determine the planning for the use of online news in increasing the reading interest of class X students in the subjects of Pancasila and Citizenship Education; (2) to determine the implementation of the use of online news in increasing the reading interest of class X students in the subjects of Pancasila and Citizenship Education; and (3) to find out the evaluation of the use of online news in increasing the reading interest of class X students in Pancasila and Citizenship Education subjects. This research was conducted in June 2021 at SMAN 102 Jakarta. This study used qualitative research methods. This type of research is an exploratory research with an inductive approach. Sources of data in this study are primary data sources obtained from informants, key informants, and documentation. Data collection techniques in this study were interviews and documentation. The data analysis technique used is the qualitative data analysis technique of Miles and Huberman. The data validity calibration technique uses triangulation of techniques and sources. The findings in this study indicate that (1) planning the use of online news in improving the learning of class X students in Pancasila and Citizenship Education subjects is to make lesson plans whose learning resources use online news; (2) the application of the use of online news in improving the ability of class X students in Pancasila and Citizenship Education subjects is by giving written test assignments to students; and (3) evaluating the use of online news in improving the learning outcomes of class X students in the subjects of Pancasila and Citizenship Education. This can be seen from the student's response when using online news, namely having a sense of pleasure and attention to reading so that interest in reading it on Pancasila and Citizenship Education subjects increases. The conclusion in this study is that the use of online news is carried out by preparing a learning implementation plan (RPP), carrying out learning activities in accordance with the learning implementation plan (RPP), and providing an evaluation of the use of online news in increasing students reading interest in Pancasila and Citizenship Education subjects. Keywords: Utilization, Reading Interest, PPKn

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yuyus Kardiman, S.Pd., M.Pd. ; 2). Asep Rudi Casmana, M.A.
Subjects: Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 11581 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2021 03:54
Last Modified: 28 Aug 2021 03:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17810

Actions (login required)

View Item View Item