PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESI GURU, EFIKASI DIRI, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

SASKIA AULIA, . (2021) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESI GURU, EFIKASI DIRI, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (845kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru, Efikasi Diri, dan Lingkungan Keluarga terhadap Minat menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah 160 mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotional stratified random sampling sehingga sampel yang diperoleh sebanyak 115 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian bahwa secara parsial menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi mahasiswa tentang profesi guru dengan minat menjadi guru, kemudian efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru serta variabel lingkungan keluarga berpengaruh positif signifikan terhadap variabel minat menjadi guru. Secara simultan menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tentang profesi guru, efikasi diri, dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat menjadi guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh variabel persepsi mahasiswa tentang profesi guru, efikasi diri, dan lingkungan keluarga memiliki kontribusi sebesar 49,3% terhadap minat menjadi guru, sedangkan sisanya sebesar 50,7%% dapat dideskripsikan oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kata Kunci : Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru, Efikasi Diri, Lingkungan Keluarga, Minat Menjadi Guru This study aims to determine whether there is an influence between Perceptions about Teachers Profession, Self Efficacy, and Family Environment on Interest being a Teacher in Economic Education Students State University of Jakarta. The population in this study 160 students majoring in Economics Education at the State University of Jakarta. The sampling technique used proportional stratified random sampling so that the sample obtained was 115 students majoring. The data analysis technique used is multiple regression analysis. Based on the results of the study that partially showed that there was a positive and significant influence between students' perceptions of the teaching profession and their interest in becoming a teacher, then self-efficacy positive and significant effect on the interest in becoming a teacher and the family environment variable has a significant positive effect on the variable interest in becoming a teacher. Simultaneously shows that students' perceptions of the teaching profession, self-efficacy, and family environment affect their interest in becoming a teacher. The results of this study indicate that the magnitude of the influence of students' perceptions of the teaching profession, self-efficacy, and family environment has a contribution of 49.3% to the interest in becoming a teacher, while the remaining 50.7%% can be described by other variables not examined by researchers. Keywords: Perceptions about Teachers Profession, Self-Efficacy, Family Environment, Interest being a Teacher

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Santi Susanti, S.Pd, M.Ak. ; 2). Dra. Sri Zulaihati, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 11761 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2021 04:50
Last Modified: 22 Jan 2024 00:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/17825

Actions (login required)

View Item View Item