HURUF FA`: MACAM DAN MAKNANYA DALAM KITAB “NAHJUL BALAGHAH” DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN ILMU NAHWU

SYARIFAH ZAHRA MUSTAFAWI, . (2014) HURUF FA`: MACAM DAN MAKNANYA DALAM KITAB “NAHJUL BALAGHAH” DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN ILMU NAHWU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi yang jelas tentang “Huruf Fa`” macam dan maknanya agar hasilnya dapat diimplikasikan dalam pembelajaran Ilmu Nahwu bagi mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian studi pustaka dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis isi dalam kitab “Nahjul Balaghah”. Penelitian ini terfokus pada unsur-unsur pembahasan “Huruf Fa`”, yaitu: Macam dan maknanya. Adapun untuk menjelaskan hasil penelitian dengan terperinci digunakan tabel. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa “Huruf Fa`” terbagi menjadi 4 macam, yaitu: Huruf Fa’ Athaf, Huruf Fa’ Sababiyah, Huruf Fa’ Jaza’, dan Huruf Fa’ Zaidah. Dari penelitian ini penulis menghasilkan data-data sebagai berikut: Pada Teks-teks Hikmah dalam kitab “Nahjul Balagahah” terdapat Huruf Fa` sebanyak 91, yaitu sebagai berikut: Huruf Fa` Athof sejumlah 62 (68%), Fa’ Athof memiliki tiga makna; Fa’ Athof yang maknanya untuk menunjukan akibat sejumlah 7 (11%), Fa’ Athof yang maknanya untuk menunjukan urutan sejumlah 32 (52%), dan Fa’ Athof yang maknanya untuk menunjukan sebab sejumlah 23 (37%). Huruf Fa’ Sababiyah sejumlah 3 (3%), huruf Fa’ Sababiyah hanya memiliki satu makna yaitu untuk menunjukan bahwa kalimat sebelum huruf Fa’ merupakan sebab bagi kalimat setelah huruf Fa’. Huruf Fa’ Jaza’ sejumlah 14 (15%), huruf Fa’ Jaza’ hanya memiliki satu makna yaitu untuk menghubungkan jawab syarath. Huruf Fa’ Zaidah sejumlah 12 (13%), dari 5 makna yang dimiliki Fa’ Zaidah, hanya ditemukan 4 makna, yaitu: untuk menghubungkan khobar jika mubtada’nya merupakan sebab bagi khabar atau jika mubtada’ merupakan isim maushul sejumlah 4 (33%), sebagai penambah pada khobar amr atau khobar nahi 5 (42%), keberadaanya dalam sebuah kalimat sama saja dengan ketiadaannya 2 (17%), dan untuk memperindah kata 1 (8%). Adapun implikasinya pada pembelajaran nahwu pada mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab di Universitas Negeri Jakarta adalah hendaknya teks-teks Hikmah yang terdapat Huruf Fa`: macam dan maknanya dimasukkan dalam materi pembelajaran khususnya dalam pembelajaran Ilmu Nahwu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs.Romdani, M.Pd. ; 2). Dr. Nuruddin, M.A.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 22 Nov 2019 14:55
Last Modified: 22 Nov 2019 14:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1797

Actions (login required)

View Item View Item