PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS IV MATERI PANCASILA

FAJAR YOGA PRATAMA, . (2021) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS IV MATERI PANCASILA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (649kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis pemecahan masalah pada pembelajaran PPKn kelas IV SD materi Pancasila. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Guntur 01. Adapun Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang mana memiliki 5 tahapan, yaitu 1) analysis (analisis), 2) design (perancangan), 3) development (pengembangan), 4) implementation (implementasi), 5) evaluation (evalusi). Untuk mengetahui kevalidan pada produk yang dikembangkan, peneliti melibatkan ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Sedangkan untuk memperoleh penilaian dalam kepraktisan dari modul ini peneliti melakukan uji coba pengguna dengan melibatkan 6 siswa untuk one to one test dan 9 siswa untuk small group test yang kemudian diberikan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap modul berbasis pemecahan masalah yang dikembangkan. Modul berbais pemecahan masalah terbukti valid. Dalam Hal ini data dibuktikan melalui hasil persentase yang diperoleh yaitu 83% untuk uji ahli materi, 83% dari ahli bahasa, sedangkan hasil uji ahli media memperoleh hasil presentase 98%. Selain valid, modul berbasis pemecahan masalah dinilai praktis. Hal ini terbukti berdasarkan hasil angket respon dari siswa, dengan hasil persentase mencapai 97% pada tahap one to one test dan 99% pada tahap small group test. The purpose of this study was to develop a problem-solving-based learning module in Civics learning for grade IV Elementary School Pancasila material. The subjects in this study were fourth grade students at SDN Guntur 01. The research method used in this study was R&D using the ADDIE development model which had 5 stages, namely 1) analysis, 2) design, 3) development (development), 4) implementation (implementation), 5) evaluation (evaluation). To determine the validity of the developed product, the researcher involved material experts, linguists, and media experts. Meanwhile, to obtain an assessment of the practicality of this module, the researcher conducted a user trial involving 6 students for the one to one test and 9 students for the small group test which was then given a questionnaire to determine student responses to the problemsolving- based module developed. The troubleshooting based module proved valid. In this case, the data is proven by the percentage results obtained, namely 83% for the material expert test, 83% for the linguist, while the media expert test results obtained a percentage of 98%. In addition to being valid, problem-solving-based modules are considered practical. This is proven based on the results of the questionnaire responses from students, with the percentage results reaching 97% in the one to one test stage and 99% in the small group test stage.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Otib Satibi, M.Pd. ; 2). Dra. Evita Adnan, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 11906 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2021 06:23
Last Modified: 29 Aug 2021 06:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18053

Actions (login required)

View Item View Item