EFEKTVITAS PENERAPAN MEDIA BELAJAR EXPLAIN EVERYTHING DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH KANJI II (Penelitian Eksperimen Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta)

KAUTSAR NADHIM NOVALDI, . (2021) EFEKTVITAS PENERAPAN MEDIA BELAJAR EXPLAIN EVERYTHING DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA KULIAH KANJI II (Penelitian Eksperimen Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi pendidikan seperti media pembelajaran konvensional pada waktu sekarang mulai dikombinasikan dengan metode yang lebih modern dan memanfaatkan teknologi internet, terlebih juga karena pandemi COVID-19 yang sedang melanda di seluruh dunia. Dunia pendidikan memerlukan media belajar yang dapat mengintegrasikan pembelajaran berbasis daring yang dapat memberikan umpan balik agar pembelajaran lebih terarah, sekaligus menghadirkan suasana yang menyerupai kegiatan belajar di kelas luring. Salah satu media yang cocok untuk pembelajaran tersebut adalah media Explain Everything. Aplikasi ini dapat diakses dengan internet melalui beberapa platform, seperti smartphone, komputer, dan tablet. Dengan menggunakan media Explain Everything, baik pengajar maupun pembelajar membuat materi, tutorial, dan lainnya untuk penggunaan di kelas atau pribadi, serta memaksimalkan waktu di kelas menjadi lebih efisien. Dalam pembelajaran bahasa Jepang, penerapan media Explain Everything belum pernah ada, oleh sebab itu peneliti bermaksud menerapkan media Explain Everything dalam pembelajaran Kanji II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan media belajar Explain Everything terhadap hasil belajar mata kuliah Kanji II. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah True Experimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta yang mengambil mata kuliah Kanji II dengan sampel mahasiswa yang mengambil mata kuliah Kanji II kelas B (kontrol) berjumlah 15 orang, dan kelas C (eksperimen) berjumlah 15 orang. Instrumen pada penelitian ini adalah tes (berupa pretest dan posttest) serta non-tes berupa angket. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 1,7, kemudian nilai thitung pada penelitian ini yaitu 2,02. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (thitung > ttabel) yang berarti media Explain Everything efektif terhadap peningkatan hasil belajar Kanji II. Kemudian, hasil angket yang diperoleh menunjukkan 86,6% mahasiswa setuju bahwa media Explain Everything efektif meningkatkan hasil belajar Kanji II. Educational technology is now starting to utilize internet-based technology, especially because of the COVID-19 pandemic that is sweeping across the world. The world of education requires learning media that can integrate online-based learning and provide feedback while providing an atmosphere that resembles learning activities in offline classes. One of the suitable media for this learning is Explain Everything. It's accessible via the internet through several platforms. With Explain Everything, both teachers and students create materials, tutorials, and more for class or personal use, and maximize class time more efficiently. In learning Japanese, the application of Explain Everything has never existed, therefore the researcher intends to apply the Explain Everything media in Kanji II learning. This study aims to determine the effectiveness of the application of the Explain Everything learning media on the learning outcomes of Kanji II courses. The method used in this research is True Experimental with Pretest-Posttest Control Group Design. The population in this study were students of the Japanese Language Education Study Program, the State University of Jakarta who took the Kanji II course with a sample of 15 students taking the Kanji II class B (control), and 15 students in class C (experiment). The instrument in this study was a test (in the form of pretest and posttest) and a non-test in the form of a questionnaire. Based on the results of data analysis, it is known that the ttable at a significance level of 5% is 1.7, then the t-value in this study is 2.02. Thus, it can be concluded that (tcount > ttable) which means Explain Everything media is effective in improving Kanji II learning outcomes. Then, the results of the questionnaire obtained showed that 86.6% of students agreed that the Explain Everything media was effective in improving the learning outcomes of Kanji II.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yuniarsih, M.Hum., M.Ed. ; 2). Muhammad Ali Hamdi, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 11990 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:24
Last Modified: 18 Aug 2022 07:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18195

Actions (login required)

View Item View Item