DEIKSIS PERSONA, TEMPAT, DAN WAKTU DALAM SERIAL ANIMASI SHIVA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS NARASI (CERITA IMAJINASI) KELAS VII SMP

WOFA YUSTIKA MEILANI, . (2021) DEIKSIS PERSONA, TEMPAT, DAN WAKTU DALAM SERIAL ANIMASI SHIVA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS NARASI (CERITA IMAJINASI) KELAS VII SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan bentuk deiksis persona, tempat, dan waktu dalam serial animasi Shiva dan impilkasinya terhadap pembelajaran teks narasi (cerita imajinasi) kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah jenis dan bentuk deiksis persona, tempat, dan waktu yang terdapat dalam serial animasi Shiva. Instrumen penelitian ini ialah peneliti sendiri dibantu tabel analisis kerja. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik studi dokumentasi. Pada penelitian ini ditemukan 336 data. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa deiksis persona paling banyak ditemukan yaitu 254 data, kedua deiksis tempat 56 data, dan ketiga deiksis waktu 24 data. Berdasarkan jumlah data deiksis persona, tempat, dan waktu dalam serial animasi Shiva, maka dapat disimpulkan bahwa deiksis sangat penting digunakan pada setiap tuturan dalam serial animasi Shiva. Hal ini dikarenakan deiksis berfungsi sebagai penunjuk bagi suatu acuan agar memudahkan para penonton memahami makna dan isi cerita serial animasi Shiva. Penelitian ini akan diimpilkasikan pada teks narasi (cerita imajinasi) di kelas VII dengan kompetensi dasar menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi). Dalam pembelajaran teks narasi (cerita imajinasi) analisis deiksis terhadap serial animasi Shiva diharapkan dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai media pembelajaran pada materi menelaah struktur dan kebahasaan teks narasi (cerita imajinasi), sehingga dapat membantu peserta didik dalam memahami makna dan isi cerita pada teks narasi (cerita imajinasi) denga baik. This study aims to describe the types and forms of persona, place, and time deixis in the animated series Shiva and their implications for learning narrative texts (imaginary stories) for seventh graders of junior high school. This study uses a qualitative approach. The focus of this research is the types and forms of persona, place, and time deixis contained in the Shiva animated series. The research instrument is the researcher himself assisted by a work analysis table. The data collection technique of this research is documentation study technique. This research found 336 data. The results showed that the most common person deixis found was 254 data, the second place deixis was 56 data, and the third time deixis was 24 data. Based on the amount of persona, place, and time deixis data in the Shiva animated series, it can be concluded that deixis is very important to be used in every utterance in the Shiva animated series. This is because the deixis serves as a pointer for a reference to make it easier for the audience to understand the meaning and content of the story of the Shiva animated series. This research will imply on narrative texts (imaginary stories) in grade VII with the basic competence of studying the structure and language of narrative texts (imaginary stories). In learning narrative texts (imaginary stories) the deixis analysis of the animated series Shiva is expected to be used by teachers as a learning medium in the material for studying the structure and language of narrative texts (imaginary stories), so that it can help students understand the meaning and content of stories in narrative texts ( imaginary stories) well.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil.(Ling.) ; 2). Drs. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 11263 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2021 06:17
Last Modified: 31 Aug 2021 06:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18261

Actions (login required)

View Item View Item