KHOLIFAH KARISMAWATI, . (2021) ANALISIS FONOLOGI PADA ANAK DOWN SYNDROME USIA 10 TAHUN (STUDI KASUS) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA TEKS DESKRIPSI TEMATIK DI SLB. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (810kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (336kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (861kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (699kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (956kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang bentuk-bentuk penyimpangan yang terdapat pada ujaran anak down syndrome usia 10 tahun serta implikasinya terhadap keterampilan berbicara teks deskripsi. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus kualitatif dengan metode deskriptif yang terdiri atas metode simak dan cakap. Fokus analisis penelitian ini adalah pola bunyi atau ujaran pada tuturan anak down syndrome usia 10 tahun. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data dengan hasil yang paling tertinggi, yaitu terdapat pada penghilangan fonem (omisi) sebanyak 59%. Penggantian fonem (substitusi) sebanyak 18%, penambahan fonem (adisi) sebanyak 14%, dan ketidakteraturan berbahasa (distorsi) sebanyak 9%. Penghilangan fonem menjadi pembahasan yang terbanyak, karena sebagai bentuk penyederhanaan fonem, anak tersebut mengujarkan bunyi-bunyi bahasa tidak hanya terjadi pada fonem saja, tetapi terjadi pada beberapa fonem dalam satu kata. Implikasi pada penelitian ini, terdapat pada materi teks deskripsi dengan pendekatan kontekstual pada kelas VI SLB KD 3.2 dan 4.2 yaitu menggali informasi dari teks deskriptif sederhana mengenai topik bacaan, serta dapat diimplikasikan bagi pembelajaran dalam bidang linguistik, khususnya di bidang fonologi, yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya, seperti menyelidiki sistem fonem dari suatu bahasa, menelaah tentang cara bunyi berproses ketika membentuk sebuah kata atau frasa. This study aims to obtain information about the forms of deviation found in the speech of children with down syndrome aged 10 years and their implications for speaking skills in descriptive text. This research is qualitative case study research with a descriptive method consisting of listening and speaking methods. The focus of the analysis of this research is the pattern of sound or speech in the speech of children with down syndrome aged 10 years. The results of data analysis showed that the data with the highest results, which was found in the omission of phonemes (omisi) as much as 59%. Phoneme substitution (substitution) is 18%, phoneme addition (addition) is 14%, and language irregularity (distortion) is 9%. The omission of phonemes became the most discussed, because as a form of phoneme simplification, the child said that language sounds did not only occur in phonemes, but also occurred in several phonemes in one word. The implications of this research are descriptive text material with a contextual approach in class VI SLB KD 3.2 and 4.2, namely digging information from simple descriptive texts on reading topics, and can be implied for learning in the field of linguistics, especially in the field of phonology, which investigates sounds. language sounds according to their function, such as investigating the phoneme system of a language, studying how sounds process when forming a word or phrase.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sintowati Rini Utami, M. Pd ; 2). N. Lia Marliana, S.Pd., M.Phil. (Ling.) |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Fonologi, Fonetik |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Users 10783 not found. |
Date Deposited: | 01 Sep 2021 05:05 |
Last Modified: | 01 Sep 2021 05:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18541 |
Actions (login required)
View Item |