STRATEGI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KRIYA BAGI ANAK TUNAGRAHITA TINGKAT SMPLB (Studi Deskriptif Kualitatif di SLB Negeri 02 Jakarta)

Citra Nabila Bianthi, . (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KRIYA BAGI ANAK TUNAGRAHITA TINGKAT SMPLB (Studi Deskriptif Kualitatif di SLB Negeri 02 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (26kB)
[img]
Preview
Image
3. LEMBAR PERSETUJUAN.jpg

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Image
4. LEMBAR ORISINALITAS.jpg

Download (420kB) | Preview
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (177kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (494kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (247kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf

Download (502kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf

Download (110kB)
[img] Text
14. BAB 6.pdf

Download (293kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana strategi pembelajaran keterampilan kriya bagi anak tunagrahita di SLB Negeri 02 Jakarta. Subyek penelitian ini adalah guru keterampilan dan anak tunagrahita. Pengambilan sampel menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru keterampilan dan kepala sekolah mengembangkan kurikulum menyesuaikan dengan kondisi anak tunagrahita. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah metode demonstrasi yang diindividualisasikan serta guru juga menggunakan metode penugasan dan drill. Materi yang digunakan dalam pembelajaran adalah proses pembuatan produk keterampilan, media yang digunakan adalah berupa perlengkapan merangkai seperti senar atau kawat, gunting, dan lain sebagainya. Tahap pelaksanaan guru dalam pembelajaran meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Evaluasi dalam pembelajaran keterampilan kriya yaitu evaluasi tes dan non-tes. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan kriya untuk anak tunagrahita bertujuan untuk menjadi bekal hidup mereka untuk dapat hidup mandiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Siti Nuraini P, M.Sp.Ed 2) Mohammad Arif Taboer, M.pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Nov 2019 11:56
Last Modified: 26 Nov 2019 11:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1870

Actions (login required)

View Item View Item