Citra Nabila Bianthi, . (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KRIYA BAGI ANAK TUNAGRAHITA TINGKAT SMPLB (Studi Deskriptif Kualitatif di SLB Negeri 02 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (26kB) |
||
|
Image
3. LEMBAR PERSETUJUAN.jpg Download (464kB) | Preview |
|
|
Image
4. LEMBAR ORISINALITAS.jpg Download (420kB) | Preview |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (98kB) |
||
Text
9. BAB 1.pdf Download (177kB) |
||
Text
10. BAB 2.pdf Download (494kB) |
||
Text
11. BAB 3.pdf Download (247kB) |
||
Text
12. BAB 4.pdf Download (502kB) |
||
Text
13. BAB 5.pdf Download (110kB) |
||
Text
14. BAB 6.pdf Download (293kB) |
||
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (100kB) |
||
Text
16. LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana strategi pembelajaran keterampilan kriya bagi anak tunagrahita di SLB Negeri 02 Jakarta. Subyek penelitian ini adalah guru keterampilan dan anak tunagrahita. Pengambilan sampel menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru keterampilan dan kepala sekolah mengembangkan kurikulum menyesuaikan dengan kondisi anak tunagrahita. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah metode demonstrasi yang diindividualisasikan serta guru juga menggunakan metode penugasan dan drill. Materi yang digunakan dalam pembelajaran adalah proses pembuatan produk keterampilan, media yang digunakan adalah berupa perlengkapan merangkai seperti senar atau kawat, gunting, dan lain sebagainya. Tahap pelaksanaan guru dalam pembelajaran meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Evaluasi dalam pembelajaran keterampilan kriya yaitu evaluasi tes dan non-tes. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan kriya untuk anak tunagrahita bertujuan untuk menjadi bekal hidup mereka untuk dapat hidup mandiri.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Siti Nuraini P, M.Sp.Ed 2) Mohammad Arif Taboer, M.pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 26 Nov 2019 11:56 |
Last Modified: | 26 Nov 2019 11:56 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1870 |
Actions (login required)
View Item |