SYARAFINA KAMILAH, . (2021) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI KECAMATAN PALMERAH JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover.pdf Download (853kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (3MB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proposional Random Sampling sebanyak 117 responden. Sedangkan teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar, hipotesis ini dibuktikan dengan nilai thitung (2,767) > ttabel (1,98099) dan nilai probabilitas signifikan sebesar 0,007 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan motivasi belajar, hipotesis ini dibuktikan dengan nilai thitung (7,986) > ttabel (1,98099) dan nilai probabilitas signifikan sebesar 0,000 < 0,05. (3) Hasil uji F hasil yang diperoleh yaitu, Fhitung sebesar 45,674 > Ftabel 3,08 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar. (4) Persamaan regresi berganda yang diperoleh adalah Y = 18,093 + 0,100 X1 + 0,408 X2. (5) Nilai R Square yang didapatkan sebesar 0,445 atau 44,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pola asuh orang tua dan lingkungan belajar mampu menjelaskan variabel motivasi belajar sebesar 44,5%. This research was aimed to know the influence of parenting style and learning’s environment to the students’ learning motivation. The researcher used Proportional Random Sampling as the sample collected technique with 117 respondents. However, the researcher used multiple regressions as the research analysis technique. This research hypothesis showed that: (1) There is a positive and significant influence between parenting style to the students’ learning motivation, this hypothesis was proved by the amount tcount (2,767) > ttable (1,98099) and the amount of significant probability with 0,007 < 0,05. (2) There is a positive and significant influence between learning’s environment to the learning’s motivation, this hypothesis was proved by the amount thitung (7,986) > ttable (1,98099) and the amount of significant probability with 0,000 < 0,05. (3) The results of the F test showed that, Fcount of 45.674 > Ftable 3.08 with a significance value of 0.000 <0.05, indicating a positive and significant influence between parenting style and the learning environment on learning motivation. (4) The multiple regression equation obtained is Y = 18.093 + 0.100 X1 + 0.408 X2. (5) The R Square value obtained is 0.445 or 44.5%. So it can be concluded that the parenting style variable and the learning environment are able to explain the learning motivation variable by 44.5%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Santi Susanti, S.Pd., M.Ak ; 2). Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 11551 not found. |
Date Deposited: | 01 Sep 2021 07:45 |
Last Modified: | 01 Sep 2021 07:45 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/18803 |
Actions (login required)
View Item |