STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA TUNARUNGU (Studi Deskriptif Kualitatif di Tiga SLB-B Wilayah DKI Jakarta)

LIA SHESHA AMALIA, . (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA TUNARUNGU (Studi Deskriptif Kualitatif di Tiga SLB-B Wilayah DKI Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (943kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh fakta mengenai strategi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata siswa tunarungu di tiga SLB Wilayah DKI Jakarta yaitu SLB Dian Kahuripan, SLB Negeri 7 Jakarta dan SLB B Pangudi Luhur. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari tiga orang yaitu dua guru kelas, dan satu kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dua teknik yaitu wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran dalam mengajarkan kosakata pada siswa tunarungu berbeda-beda dengan meliputi sumber belajar, materi, langkah-langkah, dan hasil penerapan strategi pembelajaran, adapula tantangan yang dihadapi dalam mengajarkan kosakata pada siswa tunarungu. The aim of this study is to obtain in-fact about the learning strategies in increasing the vocabulary skills of students with hearing impairment in three SLB in DKI Jakarta, namely SLB Dian Kahuripan, SLBN 7 Jakarta and SLB B Pangudi Luhur. Sources of the data in this study consisted of three objects, they are two classroom teachers and one school principal. This study uses descriptive methods with qualitative approach. The process of data collective in this study using two techniques, that is interview and documentation studies. The results of this study indicate that the learning strategies in teaching vocabulary to students with hearing impairment are vary including learning resources, material, steps and the results of implementing learning strategies, there are also challenges faced in teaching vocabulary to students with hearing impaiment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Budi Santoso, M.Pd. ; 2). Mohammad Arif Taboer, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 11670 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2021 09:26
Last Modified: 07 Sep 2021 09:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19656

Actions (login required)

View Item View Item