PENGEMBANGAN MEDIA KARTU UNO PROKLAMASI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MUATAN PELAJARAN IPS TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN KELAS V SD

YEVINTA RILIANIA, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU UNO PROKLAMASI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA MUATAN PELAJARAN IPS TEMA 7 PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN KELAS V SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (918kB)
[img] Text
02 BAB 1.pdf

Download (279kB)
[img] Text
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk dan mengetahui kelayakan media kartu UNO Proklamasi materi proklamasi kemerdekaan Indonesia pada Tema 7 “Peristiwa dalam Kehidupan” Subtema 2 “Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan” pembelajaran 1. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Responden dalam pengembangan ini yaitu satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan lima orang peserta didik yang berdomisili dekat dengan peneliti. Hasil uji coba pengembangan media kartu UNO Proklamasi kepada dua ahli (expert review) diperoleh nilai rata-rata 93,08% atau media masuk ke dalam kategori sangat baik, sedangkan hasil uji coba perorangan mendapatkan nilai rata-rata untuk keseluruhan aspek media sebesar 97,5% atau media masuk ke dalam kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa media kartu UNO Proklamasi layak digunakan dalam pembelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar. This research and development aims to produce products and find out the exact media of the UNO Proclamation of Indonesia's proclamation of material on Theme 7 "Events in Life" Sub-theme 2 "National Events of the Proclamation of Independence" learning 1. The research method used is method and development (R&D) with the ADDIE development model which consists of five stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. Data collection techniques using observation, interviews, and questionnaires. Respondents in this development are one material expert lecturer, one media expert lecturer, and five students who live close to the researcher. The test results of the UNO Proclamation card media development to two experts (expert review) obtained an average value of 93.08% or the media was in the very good category, while the results of individual trials got an average value for all aspects of the media of 97,5% or media into the very good category. This shows that the UNO Proclamation card media is suitable for use in social studies learning for class V Elementary School.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Arifin Maksum, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Fahrurrozi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 12071 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2021 09:31
Last Modified: 07 Sep 2021 09:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19668

Actions (login required)

View Item View Item