MEDIA PERMAINAN LUDO UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI TOPIK FAMILIE

MONICA MULLER, . (2021) MEDIA PERMAINAN LUDO UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI TOPIK FAMILIE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (331kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media permainan Ludo sebagai alternatif pengajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman. Metode yang digunakan pada penelititan ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini ialah media permainan Ludo sebagai media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Pada penelitian ini peneliti mendeskripsikan bagaimana media permainan Ludo digunakan untuk memberikan informasi tentang topik Familie. Hasil pembahasan memaparkan media pembelajaran berupa media permainan Ludo yang desainnya dirancang menggunakan aplikasi perangkat lunak, yaitu Adobe Photoshop. Permainan ini dirancang sesuai kebutuhan dengan menggunakan komponen pendukung lainnya untuk membantu siswa menguasai keterampilan berbicara bahasa Jerman topik Familie. Komponen pendukung yang digunakan adalah kartu soal yang di dalamnya berisi pertanyaan dan pernyataan, empat pion dan empat orang pemain. Sesuai tahapan pembelajaran maka permainan Ludo ini dapat diaplikasikan pada tahapan latihan pemantapan (Festigungsphase). Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa media permainan Ludo dengan langkah-langkah permainan dan komponen penunjang dibuat sebagai alternatif untuk memudahkan siswa dalam penguasaan keterampilan berbicara bahasa Jerman, khususnya topik Familie. Kata Kunci: Media Permainan Ludo, Keterampilan Berbicara, topik Familie. ************ This study aims to determine the use of Ludo game media as an alternative to teaching German speaking skills. The method used in this research is descriptive qualitative. The object of this research is the Ludo game media as the media used in the learning process. In this study, researchers describe how the Ludo game media is used to provide information about the topicfamily. The results of the discussion describe learning media in the form of Ludo game media whose design is designed using a software application, namely: Adobe Photoshop. The game is designed according to need using other supporting components to help students master the topic German speaking skills family. The supporting components used are question cards which contain questions and statements, four pawns and four players. According to the stages of learning, this Ludo game can be applied to the stage of strengthening exercises (Festigungsphase). Based on the results of the discussion, it can be concluded that the Ludo game media with game steps and supporting components is made as an alternative to facilitate students in mastering German speaking skills, especially the topic Familie. Keywords: Ludo Game Media, Speaking Skills, Familie topics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ellychristina D Hutubessy, M.Pd. ; 2). Dra. Miranda Yunus, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 11120 not found.
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:49
Last Modified: 09 Sep 2021 03:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19782

Actions (login required)

View Item View Item