PENGEMBANGAN KONTEN WEBSITE PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS V SEKOLAH DASAR

DEASY FATMA ARINI, . (2021) PENGEMBANGAN KONTEN WEBSITE PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk yaitu Pengembangan Konten Website Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter pada Pembelajaran PPKn Kelas V Sekolah Dasar dengan materi Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jawab dalam Tema 4 Sehat Itu Penting, metode yang digunakan adalah Penelitian Pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan model penelitian dari ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang dikembangkan oleh Dick and Carrey. Dalam implementasinya penelitian ini melakukan uji coba hanya sampai pada tahap one to one dikarenakan adanya Pandemi. Pandemi virus Covid-19 telah membawa perubahan besar terhadap semua kegiatan, baik dari pekerjaan, kesehatan, gaya hidup, dan juga pendidikan. Orang yang bekerja dalam bidang pendidikan mengalami perubahan dari cara mengajar, pemberian tugas, penilaian, serta pembentukan karakter. Jika dilihat dari kondisi tersebut, pengembangan konten website pembelajaran sangat membantu program pembelajaran daring, selain itu penggunaan website ini dapat digunakan juga setelah Pandemi berakhir contohnya untuk blended learning dan belajar mandiri, karena dengan banyaknya fitur yang disediakan oleh produk ini seperti forum diskusi, penguatan karakter, materi pembelajaran, permainan, soal latihan, video pembelajaran, dan komik dapat menambah ketertarikan peserta didik dalam belajar, menambah semangat belajar peserta didik untuk mendalami pembelajarannya, dan dapat melatih kemandirian belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk ini sangat layak untuk digunakan, dengan hasil rata-rata persentase penilaian ahli yaitu (96,3%), dengan ahli materi memberikan (94%), ahli media memberikan (97,3%), ahli bahasa memberikan (97,5%), serta uji tahap one to one jika dirata-ratakan menghasilkan (96%). This study aims to produce a product, namely the Development of Character-Based Learning Website Content in Class V Elementary School PPKn Learning with the material of Rights, Obligations, and Responsibilities in Theme 4 Healthy is Important, the method used is Research and Development. . This study uses a research model from ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) developed by Dick and Carrey. In its implementation, this research conducts trials only up to the one to one stage due to the pandemic. The Covid-19 virus pandemic has brought major changes to all activities, from work, health, lifestyle, and also education. People who work in the field of education experience changes in teaching methods, assignments, assessments, and character building. When viewed from these conditions, the development of learning website content is very helpful for online learning programs, besides that the use of this website can also be used after the Pandemic ends, for example for blended learning and independent learning, because with the many features provided by this product such as discussion forums, character strengthening, learning materials, games, practice questions, learning videos, and comics can increase students 'interest in learning, increase students' enthusiasm for learning to deepen their learning, and can train learning independence. The results of this study indicate that this product is very feasible to use, with an average percentage of expert judgment (96.3%), with material experts providing (94%), media experts providing (97.3%), linguists providing (97.5%), as well as the one to one stage test if averaged it resulted (96%).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd ; 2). Drs. Andi Ali Saladin, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 11268 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2021 05:46
Last Modified: 13 Sep 2021 05:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19788

Actions (login required)

View Item View Item