MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN VIDEO NICOS WEG UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN DI KELAS X

ULFAH FAUZIYYAH, . (2021) MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN VIDEO NICOS WEG UNTUK KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN DI KELAS X. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (779kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (355kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun model pembelajaran discovery learning bahasa Jerman menggunakan media video Nicos Weg untuk keterampilan berbicara siswa di kelas X subtopik Begrüßung dan Verabredung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan langkah-langkah model pembelajaran discovery learning untuk melatih keterampilan berbicara siswa. Langkah-langkah pembelajaran dalam penelitian ini disusun berdasarkan Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 22 Tahun 2016 yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup dan tahapan discovery learning berdasarkan konsep Kemendikbud. Tahapan discovery learning terdiri dari 6 tahapan yang terintegrasi pada ketiga kegiatan pembelajaran, yaitu pada kegiatan pendahuluan terdapat : (1) tahap stimulasi; pada kegiatan inti terdapat : (2) tahap identifikasi masalah, (3) tahap pengumpulan data, (4) tahap pengolahan data, dan (5) tahap verifikasi; dan pada kegiatan penutup terdapat : (6) tahap generalisasi. Media video Nicos Weg digunakan pada kegiatan pendahuluan yaitu tahap stimulasi dan pada kegiatan inti yaitu tahap identifikasi masalah. Model pembelajaran ini diaplikasikan dengan menggunakan 2 Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk 2 pertemuan dengan alokasi waktu 2 x 45 menit tiap pertemuan. RPP pertama berfokus pada materi Begrüßung, sedangkan RPP kedua berfokus pada materi Verabredung. Kata kunci: Model Pembelajaran, Discovery Learning, Keterampilan Berbicara ********* ABSTRACT This study aims to develop a German language discovery learning model using Nicos Weg's video media for students' speaking skills in class X, subtopics of Begrüßung and Verabredung. This research is a qualitative research with literature study technique. The results of this study indicate the steps of the discovery learning model to train students' speaking skills. The learning steps in this study were compiled based on the Regulation of the Ministry of Education and Culture (Permendikbud) No. 22 of 2016 which consists of preliminary, core, and closing activities and discovery learning stages based on the concept of the Ministry of Education and Culture. The discovery learning stage consists of 6 stages that are integrated into the three learning activities, namely in the preliminary activities there are: (1) the stimulation stage; in the core activities there are: (2) problem identification stage, (3) data collection stage, (4) data processing stage, and (5) verification stage; and in the closing activity there are: (6) generalization stage. Nicos Weg's video media was used in the preliminary activity, namely the stimulation stage and in the core activity, namely the problem identification stage. This learning model was applied using 2 Learning Implementation Plans (RPP) for 2 meetings with a time allocation of 2 x 45 minutes per meeting. The first lesson plan focused on Begrüßung material, while the second lesson plan focused on Verabredung material. Keywords: Learning Model, Discovery Learning, Speaking Skills

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ellychristina D.H., M.Pd. ; 2). Dra. Rina Agustin, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 11301 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2021 06:45
Last Modified: 08 Sep 2021 06:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19824

Actions (login required)

View Item View Item