SYELA ERYAN PUTRI, . (2021) MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK TARI DOGER KONTRAK PADA PESERTA PELATIHAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA DI SANGGAR SENI CANDRA WULAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (466kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (410kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (742kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (397kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki keterampilan dalam menari dan meningkatkan keterampilan gerak tari pada peserta pelatihan di Sanggar Seni Candra Wulan dengan menggunakan metode tutor sebaya. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi bagi mahasiswa ataupun guru yang akan melakukan penelitian dengan menggunakan metode tutor sebaya. Karya ilmiah ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (Action Research) dengan model desain Kemmis dan McTaggart dengan penerapan metode tutor sebaya. Riset ini dilakukan pada 2 siklus, satu siklus terdapat empat pertemuan, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian berlangsung pada bulan Maret 2021 sampai bulan Juli 2021 di Sanggar Seni Candra Wulan, Desa Mengker, Kec. Jonggol, Kab. Bogor. Penelitian ini dilakukan secara tatap muka. Hasil data peningkatan keterampilan gerak tari Doger Kontrak pada peserta pelatihan, diperoleh dengan teknik pengumpulan data berupa hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes hasil unjuk kerja peserta pelatihan. Hasil studi ini dapat menunjukkan bahwa dengan penggunaan metode tutor sebaya dapat meningkatkan keterampilan gerak tari Doger Kontrak pada peserta pelatihan berdasarkan aspek wiraga, wirama, dan wirasa. Hasil analisis ini meningkat dari mulai pra siklus dengan persentase 37%, pada siklus I meningkat dengan persentase 64,5%, dan pada siklus II meningkat jauh lebih baik dengan persentase 86,45%. ********* This research purposes to improve dance skills and improve dance movement skills for trainees at the Candra Wulan Art Studio by using peer tutoring methods. The benefits of this research are expected to give information for students or teachers who will conduct research using peer tutoring methods. This analysis uses a Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) with a Kemmis and McTaggart with the application of peer tutoring methods. This research uses in 2 cycles, one cycle has four meetings, each cycle consists of perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), and refleksi (reflecting). The research took place from March 2021 to June 2021 at the Candra Wulan Art Studio, Mengker Village, Kec. Jonggol, Kab. Bogor. This study uses face to face. The results of the data on increasing the Doger Contract dance movement skills for the trainees were obtained by data collection techniques in the form of observations, interviews, documentation, and tests of the performance results of the trainees. The results showed that the use of peer tutoring methods could improve the Doger Contract dance movement skills of the trainees based on aspects of wiraga, wirama, and wirasa. The results of this scientific work increased from the pre-cycle with a percentage of 37%, in the first cycle it increased by a percentage of 64.5%, and in the second cycle it increased much better with a percentage of 86.45%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Rahmida Setiawati, MM ; 2). Dr. Deden Haerudin, S.Sn.,M.Sn. |
Subjects: | Kesenian > Seni Tari |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Tari |
Depositing User: | Users 11234 not found. |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 04:40 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 04:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/19885 |
Actions (login required)
View Item |