PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI PROGRAM PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) NEGERI 16 RAWASARI

MUTIA HARIYANI, . (2021) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI PROGRAM PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) NEGERI 16 RAWASARI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (908kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (761kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (787kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI PROGRAM PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) NEGERI 16 RAWASARI Mutia Hariyani Teknologi Pendidikan ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul elektronik mata pelajaran sosiologi, menguji kelayakan modul elektronik yang dikembangkan untuk digunakan pada mata pelajaran sosiologi, dan menguji efektivitas modul elektronik yang dikembangkan untuk mata pelajaran sosiologi. Penelitian ini dikembangkan dengan metode penelitian Reseacrh and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Hannafin and Peck yang memiliki tiga tahapan, tahapan model pengembangan ini meliputi analisis kebutuhan, desain, pengembangan dan implementasi. Uji kelayakan diperoleh berdasarkan penilaian dari ahli yang meliputi ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran, uji coba kelayakan dilakukan juga untuk mendapatkan saran dan kritik dari ahli untuk perbaikan modul yang dikembangkan. Uji efektifitas dilakukan pada saat uji coba terbatas dari hasil one group pretest-posttest dengan analisis menggunakan rumus N-gain. Hasil uji kelayakan menunjukan bahwa modul elektronik yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan dengan nilai rata-rata 90,75%. Dengan demikian modul elektronik oleh para ahli dikatakan “sangat layak” untuk digunakan oleh peserta didik. Sedangkan Hasil dari uji efektivitas menunjukkan bahwa nilai rata-rata peserta didik sebelum menggunakan modul elektronik adalah 48,15 dan setelah menggunakan modul elektronik adalah 78,42. Jika dilihat hasil nilai pretest dan posttest peserta didik terlihat mengalami perbedaan dan terdapat peningkatan nilai sebesar 30,27. Berdasarkan analisis N-gain hasil belajar peserta didik menunjukkan nilai 0,60 dengan kategori sedang dan nilai efektivitas N-gain dalam persen adalah 60 dengan kategori cukup efektif yang artinya pembelajaran dengan menggunakan modul elektronik mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Pengembangan, Modul Elektronik, Program Paket C Development of Electronic Module in Sociology Subjects Package C Program at the Community Learning Activity Center (PKBM) Negeri 16 Rawasari Mutia Hariyani Education Technology ABSTRACT This study aims to produce an electronic module for sociology subjects, test the feasibility of an electronic module developed for use in sociology subjects, and test the effectiveness of an electronic module developed for sociology subjects. This research was developed using Research and Development (R&D) research methods. This study uses the Hannafin and Peck development model which has three stages, the stages of this development model include needs analysis, design, development and implementation. The feasibility test was obtained based on the assessment of experts including material experts, media experts, and learning design experts, feasibility trials were also carried out to get suggestions and criticism from experts for the improvement of the developed modules. The effectiveness test was carried out during a limited trial from the results of one group pretest-posttest with analysis using the N-gain formula. The results of the feasibility test show that the developed electronic module has a feasibility level with an average value of 90.75%. Thus the electronic module by experts is said to be "very feasible" for use by students. While the results of the effectiveness test showed that the average score of students before using the electronic module was 48.15 and after using the electronic module was 78.42. If you look at the results of the pretest and posttest scores of students, there are differences and there is an increase in the value of 30.27. Based on the N-gain analysis, student learning outcomes show a value of 0.60 in the medium category and the N-gain effectiveness value in percent is 60 with a moderately effective category, which means that learning using electronic modules can improve student learning outcomes. Keywords: Development, Electronic Modul, Package C Program

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Dwi Kusumawardani, M.Pd 2). Dr. Moch. Sukardjo, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 12779 not found.
Date Deposited: 16 Sep 2021 00:13
Last Modified: 16 Sep 2021 00:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20290

Actions (login required)

View Item View Item